7 Ciri Toxic People: Apakah Saya Termasuk?

toxic people, orang beracun, toxic person
Radar Pekalongan - 7 Ciri Toxic People: Apakah Saya Termasuk? (Ilustrasi foto oleh Afif Ramdhasuma dari Unsplash)
0 Komentar

Toxic People

Toxic people kini menjadi istilah trendi yang sering digunakan unutk mendeskripsikan orang yang cenderung menyerap energi fisik dan batin orang-orang di sekitarnya. Kalau kita berhadapan dengan jenis orang seperti ini pasti bawaannya akan selalu panas, kesal dan lelah. Itu sebabnya banyak orang merasa tidak nyaman dekat-dekat dengan jenis toxic people.

Sering terjadi bahwa orang yang terjebak dalam situasi toxic tidak menyadari ketidaksehatan situasi tersebut, sehingga mental dan emosinya terkuras habis. Begitu pula dengan si orang toxic yang juga tidak sadar bahwa mereka membuat atmosfer di sekitanrya menjadi berat dan tidak nyaman hanya karena meraka merasa hal itu adalah normal.

Namun rasaya lebih mudah untuk men­-judge orang lain ketimbang diri sendiri karena kecenderungan kita untuk melihat apa yang ingin kita lihat. Padahal bisa saja justru kita yag menjadi racun di antara circle pertemanan kita.

Baca Juga:5 Tanda Kamu Adalah Korban Guilt Tripping, Selalu Jadi Pihak yang SalahVictim Mentality, Stop Jadi Si Paling Terluka Sejagat Raya

Lantas bagai manacara kita tahu bahwa kita adalah toxic people? Untuk mencari tahu, yuk ketahui tanda kalau kita itu sebenarnya termasuk toxic people atau bukan.

Tanda-Tanda Toxic People

1. Banyak Dihindari Orang-orang

Tanda yang paling mudah terlihat bahwa kita merupakan orang yang toxic adalah banyak orang yang menghindari kita.

Datang dan perginya orang dari kehidupan kita, bahkan pada tahap daily basis, tidak melulu merupakan kesalahan mereka. Bisa jadi kita yang jadi sumber masalahnya.

Cobalah untuk introspeksi diri. Mungkin kita pernah menyakiti perasaan orang lain atau berlaku kurang pantas.

2. Tidak Memiliki Empati dan Simpati

Dalam suatu hubungan, apapun itu bentuknya: pertemanan, asmara, rekan kerja, dan kerluarga, empati dan simoatu adalah hal yang penting. Misal saat orang terdekat kita tengah sakit atau tersandung kendala, kita sebagai manusia yang memiliki empati dan simpati pasti akan datang unutk menolong dan menghibur.

Maslahnya jika kita tidak memiliki empati serta simpati, kita cenderung akan menghakimi dan menyalahkan mereka yang tengah dalam masslah.

3. Cenderung Mengatur Kehidupan Orang

Tanda toxic people berikutnya adalah kecenderungan untuk ikut campur kehidupan orang lain. Hal ini selain tidak sopan juga dapat merusak kehidupan orang tersebut. Sikap desruktif ini sering terjadi dengan bentuk mencampuri urusan orang, ikut-ikut mengambil keputusan, mengatur serta mengontrol aspek-aspek kehidupan orang tersebut.

0 Komentar