Usaha Ternak Kambing Kian Diminati, Inilah 4 Cara Mudah Bagi Para Pemula

Usaha Ternak Kambing Kian Diminati, Inilah 4 Cara Mudah Bagi Para Pemula
Usaha ternak kambing akhir akhir ini kian diminati semua kalangan masyarakat.
0 Komentar

Ada dua jenis kandang yang dipakai peternak. Pertama adalah kandang panggung. Jenis kandang yang bentuknya seperti rumah panggung. Kandang panggung ini memiliki lantai panggung, sedangkan bagian bawahnya terdapat tanah bawah. Fungsi tanah bawah ini untuk menampung kotoran kambing. Peternak bisa mengumpulkan kotoran kambing untuk pupuk.

Kandang kedua disebut lemprak. Mengutip dari gdm.id, kandang lemprak ini beralaskan semen atau jerami. Kekurangan kandang lemprak yaitu peternak harus rutin membersihkan kandang. Berbeda dengan kandang panggung, kotoran berada langsung di bawah lantai kandang.

Berikut ukuran kandang kambing:

Kandang induk betina 1 ekor ukurannya 100 x 125cm

Kandang untuk induk betina kambing dan dua anak ukurannya 120×120

Kandang pembesaran anak kambing yang sudah disapih berukuran 100 x 125cm

Kandang kambing jantan dewasa per ekor yaitu 110 x 125cm

  1. Jenis Kambing dan Domba

Langkah kedua adalah memilih jenis kambing dan domba untuk dipelihara. Pilihlah jenis kambing yang umumnya diternakkan. Berikut jenis kambing dan domba untuk diternakkan:

Kambing Etawa

Baca Juga:Festival Durian Lolong 2023 Digelar, Inilah 6 Peserta LokalKereta Kelinci Dilarang Beroperasi di Jalan Raya, Inilah Resikonya

Jenis kambing bertubuh pendek yang umumnya diambil bagian susu. Kambing etawa cocok menjadi kambing perah yang diambil susu. Ciri-ciri kambing etawa yaitu berkaki kecil, tingginya sekitar 127 cm, dan bobotnya 91kg.

Kambing Kacang

Jenis kambing bertubuh kuat dan pendek. Kambing kacang memiliki daya tahan tubuh kuat. Selain itu harga penjualan cukup murah.

Kambing Jawarandu

Jenis kambing persilangan dari kambing etawa dan kambing kacang. Kambing Jawarandu termasuk kambing perah yang memiliki daya tahan tubuh kuat.

Kambing Boer

Jenis kambing bertubuh besar. Berat badan kambing Boer paling besar mencapai 150 kg. Kucing ini memiliki kepala berwarna coklat.

Domba Garut

Jenis domba berwarna campuran hitam dan putih. Domba Garut jantan memiliki ekor tanduk melingkar, berukuran besar di bagian pangkal. Ciri lain domba Garut yaitu bentuk badan besar, lebar, dan telinganya berada di belakang tandung.

Domba Ekor Gemuk

Jenis domba yang memiliki bulu berwarna putih. Bulu domba cenderung kasar ketika diraba dengan tangan. Domba ekor gemuk tidak memiliki tanduk, berbeda dengan domba Garut.

0 Komentar