4 Sebab Alami WhatsApp Anxiety, Ikuti Tips Ini untuk Mengatasinya

WhatsApp Anxiety, Kecemasan Beraktivitas di WhatsApp
Sebab alami WhatsApp Anxiety dan tips mengatasinya. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Hal ini sejalan dengan apa yang dikatakan oleh Isabella Venour, seorang Mindset & Marketing Coach. Menurutnya, dalam percakapan digital, sering kali reaksi yang diharapkan dari seseorang bisa jadi tidak jelas.

Orang tidak tahu apakah reaksi yang dia berikan sesuai dengan apa yang diharapkan oleh orang lain. Orang juga tidak bisa mendengar nada bicara atau bahkan melihat ekspresi wajah dan bahasa tubuh orang lain. Akibatnya, hal ini bisa menimbulkan salah tafsir serta WhatsApp Anxiety.

Menerima Terlalu Banyak Pesan

Grup di WhatsApp memang sangat berguna. Orang dapat berinteraksi dengan banyak orang dalam satu waktu bersamaan.

Baca Juga:Teknik Pomodoro, Atur Fokus Biar Waktu Produktifmu Nggak Berantakan5 Pola Pikir Tidak Rasional yang Ganggu Kesehatan Mental

Akan tetapi, ada saatnya jumlah pesan yang masuk memiliki jumlah yang terlalu banyak dan dalam waktu yang hampir tidak berjarak. Meninggalkan sebentar aplikasi WhatsApp sudah bisa membuat seseorang harus melihat banyaknya pesan yang belum mereka baca.

Seketika, perasaan tertinggal pun menyelinap. Di satu sisi, orang merasa tidak enak jika mengabaikan pesan yang masuk, tetapi di sisi lain mereka juga bingung harus mulai membalas dari mana. Akhirnya, orang memiliki perasaan yang campur aduk dan menjadi lelah pikiran sendiri karena ini. Dan ini secara nggak langsung bisa menimbulkan WhatsApp Anxiety.

Notifikasi Pekerjaan yang Terus Berdatangan

Tanggung jawab di organisasi, tugas di kantor, hingga tugas sekolah dan kuliah membuat orang tidak siap untuk membuka aplikasi WhatsApp. Terutama saat pekerjaan yang seharusnya sudah diselesaikan, ternyata masih dalam tahap pengerjaan.

Ketika notifikasi pesan masuk terdengar, orang mengira bahwa itu adalah pesan dari atasan atau teman untuk menanyakan progres. Karenanya, orang menjadi cemas untuk membuka WhatsApp.

Bagaimana Mengatasinya?

Tips atasi WhatsApp Anxiety. (Sumber: freepik.com

Rasa cemas terhadap aktivitas di WhatsApp tidak memiliki ujung. Namun, kiat-kiat berikut dapat membantu untuk mengatasinya.

Mematikan Notifikasi pada Saat-Saat Tertentu

Tidak sedikit orang yang suka mengirimkan pesan yang tidak penting, terutama di grup WhatsApp. Kalau sudah begini, mematikan notifikasi di waktu-waktu tertentu adalah pilihan yang tepat. Metode ini bisa membantu untuk mengatasi WhatsApp Anxiety karena overwhelmed dengan banyaknya notifikasi yang masuk.

0 Komentar