Menilik 7 Cara Meningkatkan Produktivitas

cara meningkatkan produktivitas, meingkatkan produktivitas kerja
Radar Pekalongan - Menilik 7 Cara Meningkatkan Produktivitas (Ilustrasi foto oleh benzoix dari Freepik)
0 Komentar

Cara Meningkatkan Produktivitas – Produktif adalah sesuatu yang mengacu pada aktivitas yang dilakukan secara efisien. Produktif juga jadi cara untuk mencapai target semaksimal mungkin dengan tetap menghemat waktu serta tenaga.

Ketika kita mencoba untuk menjadi produktif, itu berarti kita berusaha untuk mencapai target yang sudah dibuat untuk bisa meluangkan waktu untuk hal-hal penting lainnya.

Menjadi produktif berbeda halnya dengan sibuk. Arti kata sibuk lebih mengarah pada aktivitas yang menumpuk tanpa fokus dan waktu yang pasti, menjadikan hasil yang dicapai terkadang kurang maksimal.

Baca Juga:4 Sebab Alami WhatsApp Anxiety, Ikuti Tips Ini untuk MengatasinyaTeknik Pomodoro, Atur Fokus Biar Waktu Produktifmu Nggak Berantakan

Namun begitu, setiap orang memiliki tingkat produktivitas atau daya produktif yang berbeda. Hal ini bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor seperti lingkungan, kepribadian, kondisi mental dan emosi serta motivasi.

Cara Meningkatkan Produktivitas

Produktivitas bisa terjaga dengan seimbangnya kesehatan mental dan fisik.

Walau tidak ada cara instan untuk meningkatkan produktivitas dan juga terkadang sulit untuk melakukannya, tapi kita tetap bisa meningkatkan produktivitas dengan cara-cara yang terbilang mudah. Hal ini bertujuan untuk memusatkan fokus serta efisiensi saat beraktivitas.

1. Membuat List Kegiatan

Satu hari sebelum tanggal berganti, buatlah daftar kegiatan yang bisa dilakukan. List atau daftar ini bisa digunkann sebagai reminder dan juga motivasi untuk meningkatkan produktivitas.

Dalam menyusun daftar kegiatan, sebaiknya jangan terlalu padat dan beri jarak di antara kegiatan utnutkberistirahat. Prioritaskan kegiatan yang penting terlebih dahulu, seperti kerjaan  kantor atau sekolah. Hindari burnout karena jadwal yang teralalu padat.

2. Mengatur Jam Tidur

Selain daftar kegiatan, jadwal tidur yang baik juga bisa membantu meningkatkan produktivitas. Karena terkadang tingkat produktivitas kita bisa mengikuti suasana hati serta kondisi tubuh saat bangun di pagi hari.

Tidak tidur melewati tengah malam serta bangun pagi bisa membantu kita menjalani kegiatan dengan waktu yang lebih efisien. Terlebih lagi istirahat malam yang cukup bisa meningkatkan suasana hati jadi lebih baik.

Baca Juga:5 Pola Pikir Tidak Rasional yang Ganggu Kesehatan MentalSelf Love: 4 Cara Sederhana Belajar Mencintai Diri Sendiri

3. Buat Area Beraktivitas Jadi Senyaman Mungkin

Preferensi kenyamanan setiap orang berbeda, tapi setidaknya buat meja kerja atau lingkungan beraktivitas tetap rapih dan nyaman. Jika kamu tipe pekerja yang banyak duduk, pastikan kursi dan posisi duduk kamu tetap nyaman agar terhindari dari nyeri leher dan punggug. Barang-barang yang tidak diperlukan juga bisa kamu singkirkan agar menambah ruang di meja kamu.

0 Komentar