5 Tips Menggunakan Gaji Pertama dengan Bijak

mengatur gaji pertama, tips menggunakan gaji pertama, menggunakan uang dengan bijak
Radar Pekalongan - 5 Tips Menggunakan Gaji Pertama dengan Bijak (Ilustrasi dari Freepik)
0 Komentar

Tips Menggunakan Gaji Pertama – Momen gaji pertama adalah momen tak terlupakan oleh para pejuang loker. Mendapat uang pertama dari hasil kerja sendiri merupakan momen euphoria yang sangat menyenangkan. Pikiran untuk menggunakan uang itu pasti juga berseliweran dalam pikiran bahkan sebelum uang itu sampai di rekening kita.

Dan, disaat-saat seperti inilah kekuatan mengendalikan uang kita diuji. Setelah lama memiliki list barang dan kebutuhan yang ingin dan uang sudah muncul sedikit demi sedikit, hasrat untuk membelanjakannya pasti sangat besar. Tapi kita harus tenang. Manajemen uang sangat penting di kondisi seperti ini

Tips Menggunakan Gaji Pertama

Cara terbaik untuk menggunakan gaji pertama Anda adalah menggunakannya untuk kebutuhan saat ini dan mempersiapkan kebutuhan di masa depan. Berikut adalah 5 cara mudah untuk mengelola gaji pertama!

Baca Juga:Sulit Tak Lantas Mustahil! Intip 4 Fase Memaafkan Diri Sendiri5 Bentuk Self-Sabotage, Tanda Kamu Bersikap Toxic pada Diri Sendiri

1. Buat anggaran keperluan bulanan

Sebelum kita menggunakan gaji pertama kita untuk hura-hura, sebaiknya kita susun dulu anggaran pengeluaran perbulan. Uang ini bisa dibagi untuk kebutuhan sehari-hari seperti transportasi, makan atau jajan, kuota internet, dan tabungan. Utamakan juga keperluan-keperluan mendesak serta alokasikan sisa uang gaji untuk menabung dan berinvestasi.

2. Mencatat Pengeluaran

Perencanaan serta budgeting diawal bulan tidak selalu berhasil bertahan hingga akhir bulan, hal ini bisa karena pengeluaran urgent atau keperluan-keperluan mendadak yang tidak ada dalam rencana.

Melihat permasalahan ini, pencatatan pengeluaran akan sangat berguna untuk mendeteksi kemana saja dan pada hal apa saja kita menggunakan uang. Di akhir bulan, catatan ini bisa dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk menekan pengeluaran-pengeluaran yang bisa dipotong.

Artikel Lainnya:

3. Menabung dan Berinvestasi

Gaji pertama di usia yang muda akan sangat bermanfaat jika kita unakan untuk keperluan kita di masa yang akan datang. Walau belum bisa dikatakan bergaji besar, tapi tidak menutup kemungkinan kita bisa menabung dan berinvestasi. Apalagi investasi masa kini sangat mudah untuk diakses dan bisa disesuaikan dengan kemamuan finansial kita masing-masing.

4. Menyesuaikan Gaya Hidup

Melanjutkan dari poin sebelumnya, kita disarankan untuk menggunakan gaji pertama kita untuk menabung. Tetapi jika kita ingin membeli sesuatu yang disukai atau sudah lama ada di keranjang belanja, tidak ada salahnya juga. Lagi pula, kita telah bekerja keras untuk mendapatkan gaji pertama, bukan? Asalkan kita tidak melebihi kapasitas finansial kita saat mengapresiasi diri, hal ini tidak akan menjadi masalah.

0 Komentar