6 Efek Samping Kebanyakan Makan Durian, Waspadai Ya!

6 Efek Samping Kebanyakan Makan Durian, Waspadai Ya!
Buah durian. (Hadi Waluyo)
0 Komentar

Baik pasien diabetes maupun orang yang berisiko tinggi diabetes sebaiknya lebih waspada makan buah durian. Pasalnya, kebanyakan makan durian bisa memperparah gejala diabetes atau memicu diabetes.

  1. Bahaya makan durian bersama alkohol

Makan durian sambil menenggak minuman beralkohol berisiko fatal. Riset yang terbit dalam jurnal Food chemistry (2015) menyatakan dietil disulfida dalam durian dapat menghambat kerja enzim aldehyde dehydrogenase (ALDH) yang berfungsi memecah alkohol.

Alkohol yang gagal dipecah akan menjadi racun untuk tubuh. Keracunan alkohol dapat membuat Anda kebingungan, tidak responsif, sulit bernapas, kehilangan kesadaran, hingga koma.

Baca Juga:8 Manfaat Buah Durian, Cegah Depresi Hingga Bagus untuk TulangStres Bisa Picu Vertigo, Yuk Kenali Ciri-cirinya dan Cara Meringankan Gejalanya

  1. Bahaya makan durian bagi ibu hamil

Ibu hamil tidak dilarang untuk mengonsumsi durian, tetapi perlu untuk memperhatikan porsinya. Dr Patrick Chia, ahli perinatology dari Universiti Teknologi Malaysia, menjelaskan kalau ibu hamil tetap bisa makan durian asal tidak berlebihan.

Selain itu, ibu hamil dengan kondisi diabetes gestasional perlu menghindari durian karena kandungan gulanya. Ibu hamil di trimester ketiga perlu menghindari konsumsi durian karena bisa mengakibatkan obesitas pada janin.

Itulah efek samping terlalu banyak menyantap buah durian. Anda penggemar buah ini, batasi ya mengonsumsinya. Jangan terlalu banyak. (had)

0 Komentar