7 Strategi Koping yang Terbukti bisa Mencegah Gangguan Kesehatan Mental

strategi koping, coping mechanism, mekanisme koping
Radar Pekalongan - 7 Strategi Koping yang Terbukti bisa Mencegah Gangguan Kesehatan Mental (Ilustrasi dari Freepik)
0 Komentar

Depresi dan kecemasan, misalnya, bisa sangat merepotkan dan memiliki pengaruh besar pada kehidupan kita sehari-hari. Namun, sangat penting untuk menyadari bahwa ada strategi koping untuk menanggulangi kondisi kesehatan mental.

Ada berbagai cara yang dapat membantu kita mencegah penyakit kesehatan mental, mulai dari mindfulness hingga kebugaran, dan seterusnya. Dalam posting ini, kita akan melihat tujuh strategi koping untuk mengelola dan mengurangi gejala penyakit kesehatan mental. Taktik ini telah terbukti bermanfaat dan dapat membantu kita menjalani kehidupan yang lebih baik dan lebih bahagia.

Definisi Strategi Koping

Coping mechanism, mekanisme koping, atau strategi koping adalah strategi dan cara yang dilakukan untuk menghadapi suatu masalah, dalam konteks ini adalah gangguan kesehatan mental.

Baca Juga:Dekor Kamar Aesthetic: 3 Tips Mudah Hilangi Stres dengan Palet Warna LembutProsocial Lies: 4 Contoh Kebohongan untuk Kebaikan, Bolehkah?

Akumulasi stres sebagai orang yang hidup dan bersosialisasi pasti menyebabkan seseorang merasa jenuh dan tertekan. Jika tidak ditangani hal ini bisa menjerumus kepada gangguan kesehatan mental seperti gangguan kecemasan, gangguan sosial, depresi, dan lain sebagainya.

Dalam maslah ini, strategi koping akan sangat berguna untuk membantu mengatur emosi yang ikut serta muncul dengan masalah tersebut.

Strategi Koping untuk Mencegah Gangguan Kesehatan Mental

1. Mindfulness

Mindfulness didefinisikan sebagai keadaan mental di mana seseorang secara sadar menyadari lingkungannya serta sensasi tubuh, perasaan, dan keadaan mental. Ini bisa menjadi strategi koping yang berguna karena mendidik pikiran kita untuk lebih waspada dan sadar akan apa yang sedang terjadi saat ini.

Kita bisa belajar mengendalikan emosi kita dan meminimalkan intensitas gejala penyakit kesehatan mental dengan memusatkan perhatian kita pada momen yang tengah berlangsung.

2. Self-Care

Teknik menjaga kesehatan emosional, mental, spiritual, dan fisik seseorang dikenal sebagai perawatan diri atau self-care. Teknik ini baik digunakan untuk mengobati, mencegah, dan mengurangi keparahan kondisi kesehatan mental. Ada beberapa cara untuk merawat diri, seperti bermeditasi, menulis, jalan-jalan, dan melakukan hobi.

3. Cognitive Behavioral Therapy (CBT)

CBT adalah jenis psikoterapi yang memungkinkan kamu mengenali gagasan dan keyakinan negatif yang menyebabkan masalah kesehatan mental kamu. Strategi koping ini kemudian membantu kamu dalam menanggapi pikiran-pikiran ini dan memperbaikinya. CBT sering digunakan untuk mengobati depresi, gangguan kecemasan umum, dan gangguan kecemasan sosial.

0 Komentar