Stres Bisa Picu Vertigo, Yuk Kenali Ciri-cirinya dan Cara Meringankan Gejalanya

Stres Bisa Picu Vertigo, Yuk Kenali Ciri-cirinya dan Cara Meringankan Gejalanya
seorang perempuan dengan gejala pusing atau vertigo. (sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Hindari stres berat, sebab bisa menjadi salah satu penyebab vertigo. Kondisi stres dapat mengganggu sistem vestibular yang mengontrol keseimbangan, sehingga bisa memicu timbulnya pusing disertai sensasi berputar.

Vertigo seperti dilansir Halodoc merupakan sebuah penyakit yang membuat pengidapnya mengalami pusing. Bahkan bisa mengalami gangguan keseimbangan karena merasa dirinya atau sekelilingnya berputar. Seseorang yang mengalami vertigo bisa mengalami tingkat keparahan gejala yang berbeda-beda.

Vertigo bisa dipicu oleh stroke, aritmia jantung, gangguan tekanan darah, migrain, serta obat-obatan resep atau non-resep. Selain itu, stres dan depresi sering juga dapat memicu sensasi pusing yang tidak nyaman ini.

Baca Juga:Tertimpa Dahan Pohon Beringin, Pemotor TewasRSUD Kajen Buka Loker 8 Dokter Spesialis, Ini Tujuannya

Kondisi stres dapat menimbulkan gangguan pada telinga bagian dalam yang mengontrol keseimbangan, atau disebut dengan sistem vestibular. Pusing atau vertigo bisa terjadi saat salah satu bagian dalam sistem vestibular terganggu.

Ciri-ciri vertigo yang umum terjadi adalah sebagai berikut:

  1. Hilang keseimbangan atau koordinasi buruk
  2. Sensasi berputar atau bergoyang
  3. Pusing
  4. Sakit kepala
  5. Mual
  6. Muntah
  7. Sensasi telinga berdenging (tinnitus)
  8. Gangguan pendengaran
  9. Kesulitan melihat saat bergerak
  10. Gerakan mata yang tidak normal
  11. Pingsan

Vertigo karena stres bisa dicegah dengan mengurangi stresnya. Mekanisme coping bisa membantu menghilangkan stres seperti membaca Alquran, mendengarkan murotal, jalan-jalan di alam terbuka, dan lainnya. Selain itu, menerapkan gaya hidup sehat juga bisa membantu mencegah gejala vertigo. Di antaranya tidak merokok, tidak minum minuman keras, dan tidak begadang.

Namun, saat serangan vertigo menyerang tiba-tiba, beberapa cara berikut ini bisa membantu meringankan gejalanya:

a) Segera duduk di kursi atau berbaring di tempat tidur agar aman dari kemungkinan jatuhb) Berada di ruangan yang tenang dan gelap bisa membantu mengurangi sensasi berputarc) Duduk atau berbaring hingga Anda merasa lebih baikd) Bergerak dengan hati-hati, terutama perhatikan gerakan kepala harus perlahan

Selanjutnya, Anda bisa menghubungi dokter untuk mengetahui penyebab pasti vertigo dan pengobatannya. (had)

0 Komentar