Gokil! Sahabat Nabi Ini Diriwayatkan Bakal Masuk Surga dengan Tertawa

Gokil! Sahabat Nabi Ini Diriwayatkan Bakal Masuk Surga dengan Tertawa
Ilustrasi sahabat Nabi Saw. (Foto: https://static.republika.co.id/)
0 Komentar

Dikisahkan, Nuaiman yang gemar pergi ke pasar ini pernah “ngerjain” Nabi. Ia sengaja mengambil beberapa makanan atau buah yang disukainya untuk dibawakan ke Nabi dengan dalih memberi hadiah ke Nabi. “Ini dari saya untukmu, Wahai Rasulullah,’ kata Nuaiman.

Namun tidak lama, penjual makanan/buah itu mendatangi Nuaiman yang sedang bersama Nabi seraya menagih pembayarannya. Dan parahnya Nuaiman, ia justru meminta Nabi untuk membayarnya. Nabi pun kaget. “Bukankah engkau telah menghadiahkannya kepadaku?”.

Nuaiman pun menjawab dengan santai; “Benar. Tetapi saya tidak memiliki uang dan saya ingin agar engkau (dan saya) memakannya).”

Baca Juga:[PUISI] Aksara FatamorganaNasib Film Decision to Leave, dan Gelombang Protes Nominasi Oscar 2023

Mendengar jawaban polos Nuaiman yang tanpa menunjukkan rasa bersalah, Nabi pun tidak marah dan malah tertawa. Dia pun lantas membayar hadiah tersebut ke penjualnya.

Nuaiman memang tak hanya dikenal humoris, lebih dari itu juga masyhur di kalangan sahabat sebagai pria yang iseng dan cerdik. Karena sisi humornya yang tinggi ini, Nabi Saw bahkan diriwayatkan pernah bersabda;

“Dia (Nuaiman) akan masuk surga dengan tertawa,”.

Ada-ada saja ya kelakuan sahabat Nuaiman bin Rufaah ini. Tidak hanya lucu, tapi juga panjang akal dan modus, sampai-sampai Nabi jadi korban modusnya. Gokil memang Nuaiman. (sef)

Sumber tulisan:

0 Komentar