3 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Kamu Cegah Baby Blues, Simak Penjelasanya !

3 Jenis Makanan yang Bisa Bantu Kamu Cegah Baby Blues, Simak Penjelasanya !
3 jenis makanan yang bisa membantu mencegah dan mengurangi efek baby blues (@brgfx/freepik.com)(@brgfx/freepik.com)
0 Komentar

PEKALONGAN, Radarpekalongan.id – Setalah melahirkan, ibu akan dihadapkan dengan berbagai macam perubahan. Perubahan ini bis memicu kondisi tubuh mengalami lelah luar biasa sehingga rentan terkena baby blues.

Perubahan fisik, hormon, psikis, dan sosial bisa memicu sindrom baby blues pada ibu. Mengutip buku Parenting tanpa Galau, sindrom baby blues adalah gangguan psikologis berupa sedih, cemas, dan emosi meningkat yang dialami sekitar 50-80% perempuan setelah melahirkan khususnya bayi pertama.

Umumnya kondisi baby blues biasa terjadi pada dua Minggu pertama pasca melahirkan, untuk mencegah atau mengurangi efek baby blues, ibu pasca melahirkan harus mengkonsumsi makanan bergizi.

Baca Juga:Waspada Bahaya Baby Blues ! Kenali Ciri dan Cara MengatasinyaBolehkah MPASI Mengandung Garam dan Gula? Simak Penjelasanya !

Berikut 3 makanan yang bisa dikonsumsi untuk mencegah terjadinya baby blues bagi ibu pasca melahirkan :

  1. Makanan yang mengandung lemak omega 3

Makanan yang mengandung lemak omega 3 sangat baik dikonsumsi untuk mencegah baby blues. Menurut American Psychiatric Associatio menerangkan bahwa ibu yang mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak omega 3 sebelum dan setelah melahirkan bisa mengurangi resiko depresi Kelompok ikan makarel, sarden, tiram, salmon, hingga kedelai dan kacang kenari bisa jadi pilihan.

  1. Makanan yang mengandung vitamin B

Penelitian membuktikan bahwa ibu yang mengalami baby blues, memiliki kadar folat rendah dalam darah. Oleh karenanya ibu perlu mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat atau folat ( vitamin B) yang bisa membantu mengurangi depresi.

  1. Makanan yang mengandung kalsium

Kalsium memiliki fungsi untuk menstimulasi neurotransmiter pada otak, penelitian mengungkapkan bahwa perempuan yang banyak mengkonsumsi makanan berkalsium memiliki resiko rendah untuk mengalami baby blues.

Itulah tiga makanan yang bisa dikonsumsi ibu hamil dan pasca melahirkan untuk bisa membantu mencegah terjadinya baby blues.(*)

0 Komentar