6 Makanan untuk Cegah Kanker Serviks, Banyak Dijumpai di Sekitar Kita

makanan untuk cegah kanker serviks
Mengonsumsi kubis bisa mencegah kanker serviks. (Sumber foto: freepik.com)
0 Komentar

Antioksidan diperlukan untuk mencegah kanker serviks. Makanan kaya antioksidan termasuk blueberry, jeruk, paprika, cerry, salmon, dan lemak ikan. Makanan ini dapat mencegah dan menghambat pertumbuhan sel kanker di leher rahim.

  1. Wortel.

Wortel mengandung beta karoten yang baik untuk mencegah pertumbuhan kanker serviks. Makanan seperti cabai atau jalapeno juga diduga mampu menetralisir nitrosamin yang menyebabkan kanker serviks.

  1. Polifenol dan flavonoid.

Makanan yang mengandung polifenol dan flavonoid seperti teh hijau, minyak zaitun, anggur merah, raspberry hitam, blackberry, cokelat, kenari, tomat, dan paprika hijau diduga dapat mencegah kanker leher rahim dan menghambat pertumbuhan kanker.

Baca Juga:Mematikan!, Yuk Kenali Kanker Serviks Sejak Dini, Pengertian, 3 Gejala Awal, Faktor Risiko, Pencegahan dan PengobatannyaPolres Pekalongan Salurkan Bantuan untuk Warga Terdampak Longsor di Lebakbarang

Berikut ini beberapa makanan yang bisa Anda konsumsi untuk mencegah maupun mengurangi pertumbuhan sel kanker dalam tubuh seperti dilansir halodoc.com yaitu:

a) Kubis atau kol

Kubis adalah makanan yang baik untuk mencegah penyakit kanker serviks. Kubis banyak mengandung kandungan baik untuk melawan virus HPV seperti fitonutrien, vitamin A, vitamin C, vitamin K, lupeol, dan sinigrin. Sebaiknya jangan memasak kubis terlalu lama karena bisa mengurangi kandungan gizi yang dibutuhkan.

b) Teh hijau

Makanan untuk cegah kanker serviks berikutnya ialah teh hijau. Mengonsumsi teh hijau setiap pagi menjauhkan dari penyakit kanker serviks. Kandungan polifenol dalam teh hijau dapat menghambat dan mematikan tumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Teh hijau baik untuk mengurangi dan mencegah semua jenis kanker.

c) Kacang-kacangan

Vitamin E dapat mengurangi beberapa penyakit seperti penyakit pada pencernaan, hati, maupun kanker. Anda bisa menjadikan kacang-kacangan seperti kacang tanah atau kacang almond sebagai camilan sehat. Namun, hindari konsumsi kacang-kacangan berlebihan jika Anda juga mengidap asam urat.

d) Wortel

Rutin konsumsi wortel juga bisa terhindar dari penyakit kanker serviks. Hal ini karena wortel mengandung beta karoten dan karotenoid.

e) Buah beri

Stroberi, raspberi, dan kranberi memiliki kandungan senyawa fitokimia yang mampu menghambat adanya proses inflamasi. Proses inflamasi yang tidak segera diatasi menyebabkan bertumbuhnya sel kanker dalam tubuh. Ini menjadi alasan buah-buahan beri ampuh mencegah dan mengurangi pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu, zat lutein yang terkandung bisa ikut mencegah pertumbuhan sel kanker.

0 Komentar