Penyebab Mata Silau saat Berkendara di Malam Hari dan Cara Mengatasinya

Mata Silau saat Berkendara di Malam Hari
Mata Silau saat Berkendara di Malam Hari (Foto: Freepik)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Selama ini pakah kamu pernah merasakan mata silau saat berkendara di malam hari? Jika iya, kamu tidak sendiri. Faktanya, banyak orang yang mengalami hal ini.

Inilah yang akan kita bahas dalam artikel hari ini: gejala mata silau saat berkendara di malam hari, akibatnya, cara mengatasi masalah ini, serta tips untuk mengurangi efeknya. Selamat membaca dan semoga informasi ini berguna untuk kamu!

Penyebab Mata Silau saat Berkendara di Malam Hari

Mata silau saat berkendara di malam hari dalam dunia medis sering disebut dengan istlah gangguan halo. Gangguan ini terjadi karena adanya cahaya yang dipantulkan dari lampu kendaraan lain, cahaya dari lampu jalan, dan bahkan refleksi dari aspal atau jalan. Jika cahaya yang diterima mata lebih kuat dari pada kemampuan penerimaan cahaya mata, maka kita akan merasa silau.

Baca Juga:7 Kesalahan Pemakaian Skincare yang Mungkin Sering Kamu LakukanKamu Wajib Tahu 3 Makanan untuk Kesehatan Mental yang Lebih Baik

Ada beberapa jenis silau yang terjadi pada mata saat kita berkendara di malam hari:

  • Yang pertama, kamu melihat lingkar cahaya saat merasa silau. Hal ini bisa terjadi karena beberapa hal, seperti fluktuasi kecerahan cahaya. Risiko yang terjadi akibat hal ini adalah ketidaknyamanan serta meningkatnya kemungkinan kamu kecelakaan.
  • Kedua, silau menyelubungi. Gejala ini muncul dari faktor yang lebih serius, seperti katarak. Dengan kondisi seperti ini kita tidak bisa melihat dengan jelas.
  • Ketiga,silau yang menyebabkan buta sesaat. Walau hanya beberapa detik, namun keselamatan kita dan orang lain tetap dipertaruhkan selama kita tidak bisa melihat jalan dengan jelas. Hal ini disebabkan karena sensitifitas mata kita terhadap cahaya, yang mana medis menyebutkan fotophobia.

Akibat dari Mata Silau saat Berkendara di Malam Hari

Mata silau saat berkendara di malam sangatlah umum terjadi, apalagi kalau kamu penderita mata rabun atau tengah dalam masa pemulihan operasi LASIK. Ini terjadi ketika cahaya refleksi dari lampu sepeda motor, truk, dan mobil lainnya terpantul ke mata kita.

Hal ini dapat menyebabkan mata kita menjadi lelah, cepat merasa sakit, dan menyebabkan gangguan penglihatan. Akibatnya, kita dapat merasakan pusing dan mual, mengalami penglihatan kabur, dan mengalami kesulitan dalam melihat jalan.

0 Komentar