Bisakah Menjadi SuperAger? Ingatan Luar Biasa Meski Sudah Menua

SuperAger, sudah menua tetapi ingatan tetap luar biasa
SuperAger, sudah menua tetapi ingatan tetap luar biasa. (Sumber: freepik.com)
0 Komentar

Beberapa nutrisi sangat baik untuk otak, dan nutrisi lainnya dapat mengurangi kemampuan otak untuk bekerja dengan baik. Selain mengonsumsi lebih sedikit gula, pastikan pula mengonsumsi nutrisi dalam jumlah yang cukup untuk membantu otak berkembang.

Makanan yang mampu menjaga kinerja otak bisa seperti sayuran berdaun hijau, ikan berlemak, kopi dan teh, buah beri, dan lainnya.

Bersosialisasi dan Nikmati Hidup

Tim di Northwestern mencatat bahwa SuperAger cenderung melaporkan hubungan sosial yang kuat dengan orang lain. Sebenarnya baik bagi otak untuk menjaga hubungan sosial seiring bertambahnya usia, dan otak akan mendapat manfaat dari bersosialisasi dengan orang lain secara langsung.

Baca Juga:Bedtime Procrastination: Balas Dendam dengan Menunda Waktu TidurAlasan di Balik Perilaku Mencari Perhatian dan 6 Cara Menghadapinya

Secara umum, mempertahankan hubungan dengan orang lain bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk kesehatan mental, karena dapat membantu mencegah kesepian dan depresi.

Mengalami penurunan kognitif seiring bertambahnya usia merupakan hal yang wajar terjadi. Wanita juga cenderung mengalaminya lebih cepat daripada pria. Namun, langkah preventif untuk hal tersebut bisa dilakukan, setidaknya untuk mengurangi risiko masalah ingatan.

Referensi verywellmind CNN Psychology Today

**AN

0 Komentar