4 Teori Kepribadian: Siapa Saya Sebenarnya?

teori kepribadian, kepribadian berdasarkan psikologi
(Ilustrasi: Freepik)
0 Komentar

Dalam kata lain, superego menjadi unsur teori kepribadian yang menekan unsur Id agar pleasure dan immediate satisfaction tidak kelewatan batas.

c. Ego

Berbeda dengan unsur Id dan superego yang tidak disadari secara langsung oleh seseorang, unsur ego adalah unsur yang bisa dikontrol secara langsung. Unsur ini ada sebagai penyeimbang Id yang selalu ingin kepuasan, dan superego yang selalu mempertimbangkan etika serta moral yang berlaku pada masyarakat.

Di sini, ego berfungsi untuk memenuhi kepuasan fisiologis selagi berusaha untuk tetap mematuhi norma-norma masyarakat. Hal ini disebut dengan prinsip realitas. Jika ego tidak berfungsi dengan baik, bisa saja kedua unsur sebelumnya terganggu dan tidak seimbang.

Baca Juga:Mengenal Abundance Mindset Dan Cara Menerapkannya Dalam KehidupanSudut Pandang Scarcity Mindset, Pola Pikir Tertutup Penghambat Kesuksesan

Freud berteori bahwa gabungan dari tiga unsur ini bisa membantu kita mengerti tentang kepribadian manusia.

Dari teori kepribadian ini juga, Carl Jung melakukan penelitian lebih lanjut yang menginspirasi terbentuknya tes kepriadian yang kita kenal sekarang, Myers-Bridggs Type Indicator atau MBTI, oleh Myers dan Briggs dengan masa penelitia hingga 40 tahun lebih.

Ego menjadi penengah antara Id dan Superego yang cenderung bertabrakan (Ilustrasi: Freepik)

2. Teori Kepribadian Neo-Freud atau Sosial Psikologi

Teori sosial psikologi tidak mendasarkan teori kepribadian pada alam bawah dasar dan perilaku alami manusia, melainkan mendasar pada lingkungan sosial serta bentuk motivasi perilaku.

Teori ini berpusat pada kemungkinan bahwa manusia akan berusaha untuk memenuhi kebutuhanya dalam lingkungan sosial. Dan dari lingkungan sosial tersebut, dia akan mendapat dorongan untuk meneuhi kebutuhan serta tujuannya dalam lingkungan tersebut.

Dari teori kepribadian ini, kita mendapat itga kategori kepribadian, yaitu:

  • Compliant: ketergantungan seorang individu pada individu lain.
  • Aggressive: kerpibadian yang cenderung memiliki motivasi besar untuk mendapat posisi tertentu dengan power dalam lingkungan tertentu.
  • Detached: kepribadian untk menjadi mandiri, bebas, bergantung paa diri sediri, dan lepas dari orang-orang.

Teori ini berpendapat bahwa kepribadian seseorang bergantung pada lingkungan sosial individu tersebut. (Foto: Freepik)

3. Teori Ciri atau Trait Theory

Interpretasi lain dari teori ini adalah untuk menunjukkan fitur atau karakteristik dalam bentuk sifat-sifat di mana satu individu berbeda dari yang lain dengan cukup permanen dan konsisten. Kedua maksud tersebut membawa pada kesimpulan bahwa sifat atau trait adalah karakteristik yang menjadi ciri khas seseorang yang bersifat permanen dan konstan dalam diri individu tersebut.

0 Komentar