Biji Nangka Ternyata Mengandung Banyak Manfaat, Salah Satunya Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Biji Nangka Ternyata Mengandung Banyak Manfaat, Salah Satunya Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat
Buah dan biji nangka. Alodokter.com
0 Komentar

Buah nangka memiliki rasa yang manis dan populer di kalangan masyarakat, namun ternyata masih banyak orang tidak mengetahui bahwa biji nangka juga bisa dikonsumsi dan mempunyai banyak manfaat.

Biji nangka dapat diolah dengan direbus, dan terasa lembut saat dimakan. Namun dibalik itu, juga terdapat beberapa manfaat jika kita mengkonsumsi biji nangka,

Seperti dilansir genpi.co ada sejumlah manfaat yang terkandung dalam biji nangka, seperti:

Baca Juga:Nehi AdaniKomitmen Jaga Ketahanan Pangan di Jabar, Kontrak Kerja Seribuan Penyuluh-POPT Diperpanjang

  1. Membantu tidur dengan baikKandungan magnesium dalam biji nangka memiliki potensi untuk membantu menenangkan tubuh dan mengatasi insomnia. Sebuah tinjauan dalam BMC menemukan bahwa suplemen magnesium bermanfaat dan aman bagi orang dewasa yang menderita insomnia.
  2. Mengendalikan tekanan darahMenurut American Heart Association, makan makanan yang kaya kalium, seperti biji nangka, dapat membantu menurunkan tekanan darah. Kalium membantu mengatasi efek natrium dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah. Angka Kecukupan Gizi merekomendasikan agar orang dewasa sehat mengonsumsi 4.700 mg kalium per hari.
  3. Mencegah infeksi bakteriPenelitian menunjukkan bahwa biji nangka memiliki senyawa antibakteri yang efektif melawan bakteri E. coli. Senyawa antibakteri tersebut ditemukan pada permukaan biji nangka dan digunakan sebagai obat alami untuk masalah pencernaan seperti diare.
  4. Menurunkan kolesterolPenelitian pada hewan menunjukkan bahwa biji nangka memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.Low-density lipoprotein (LDL) merupakan kolesterol jahat yang menyebabkan penumpukan plak pada pembuluh darah.Sementara itu, high-density lipoprotein (HDL) merupakan kolesterol baik yang mampu mencegah pembentukan plak kolesterol.Konsumsi biji nangka dapat membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan jantung.
  5. Menurunkan risiko kankerBiji nangka mengandung senyawa antioksidan seperti flavonoid, saponin, dan tanin. Senyawa antioksidan ini melindungi sel tubuh dari radikal bebas yang merusak dan memicu pertumbuhan sel kanker. Senyawa antioksidan pada biji nangka juga membantu mencegah pembentukan pembuluh darah pada sel kanker.

Dengan demikian, konsumsi biji nangka tidak hanya memanfaatkan daging buah nangka, tetapi juga menyediakan berbagai manfaat bagi kesehatan. (genpi/jpnn)

0 Komentar