Serupa Seperti Valentine, White Day jadi Perayaan Hari Kasih Sayang Ke-2 Di Jepang dan Korea Selatan

white day, hari putih, peringatan white day di Korea Selatan dan Jepang
(Foto: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Love is in the air ―tetapi bukan hanya cinta yang dibagikan oleh pasangan pada Hari Valentine, peringatan hari kasih sayang yang dirayakan setiap 14 Februari. Di Korea Selatan dan Jepang, ada hari peringatan lain untuk mengekspresikan kasih sayang dan cinta dalam bentuk cokelat dan hadiah lainnya yang dikenal sebagai White Day.

Dirayakan setiap tanggal 14 Maret, apa itu White Day, dan bagaimana perbandingannya dengan Hari Valentine? Baca terus untuk mencari tahu!

Apa itu White Day?

Pada bulan Februari, setiap orang di seluruh dunia selalu menanti-nanti perayaan Hari Valentine. Setiap tanggal 14 Februari, para pasangan saling bertukar hadiah dan kado, berbagi sajian romantis, dan menyemarakkan momen bersama. Namun, di Korea Selatan dan Jepang, ada satu tradisi lain yang mirip dengan Hari Valentine. Sejak tahun 1978, setiap tanggal 14 Maret, para pasangan di sana melakukan tradisi yang disebut dengan White Day.

Baca Juga:Simak 5 Cara Merayakan Hari Valentine untuk Para Jomblo, Bisa Tetap Happy walau Tidak Ada DoiKetahui 5 Makna dan Filosofi Cokelat sebelum Memberikannya pada Yang Terkasih di Hari Valentine Nanti

White Day sendiri diperingati di Korea Selatan dan Jepang sebagai jawaban atas Valentine Day. Di Korea Selatan, pria umumnya mengirimkan hadiah putih pada Hari Putih sebagai simbol untuk menunjukkan rasa terima kasih atas cokelat yang mereka terima pada hari Valentine.

Di tanggal 14 Maret, mereka akan memberikan berbagai hadiah berupa permen, cokelat, atau pernak-pernik yang semuanya bernuansa putih yang dihias dalam kemasan kotak berwarna putih pula.

Awal Mula Munculnya Tradisi White Day

Pada awalnya, westernisasi hari Valentine tidak begitu dirasakan di Jepang hingga sebelum tahun 1970-an. Hingga akhirnya, Valentine mulai bisa diterima oleh penduduk Jepang sebagai kesempatan untuk para perempuan mengungkapkan perasaan mereka kepada teman sekelas, rekan kerja, saudara, ayah, dan siapaun yang mereka cintai.

Di sisi lain, White Day dipopulerkan oleh organisasi komersial bernama National Confectionery Industry Association (NCIA) setelah hari Valentine semarak dirayakan di Jepang. Tujuan adalah untuk mempromosikan makanan manis seperti marshmallow untuk diberikan kepada para gadis. Para lelaki didorong untuk membeli kudapan, seperti cokelat hitam, cokelat putih, permen, pernak-pernik yang bernuansa putih, sebagai hadiah kepada orang yang disayangi pada Hari Kasih Sayang ini.

0 Komentar