Jangan Anggap Sepele! Sulit Merasa Senang Merupakan Gejala Anhedonia, Segera Atasi Sebelum Terlambat

Jangan Anggap Sepele! Sulit Merasa Senang Merupakan Gejala Anhedonia, Segera Atasi Sebelum Terlambat
Mengatasi Anhedonia sebelum terlambat (@brgfx/freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Anhedonia merupakan sebuah kondisi dimana seseorang tidak mampu merasakan menikmati kejutan, kegembiraan berkumpul dengan teman atau kemenangan ditempat kerja.

Pada intinya Anhendonia adalah kondisi seseorang yang sulit merasakan kesenangan atau kebahagiaan dalam hidupnya, mereka belum tentu sedih namun juga merasa sedikit senang dalam kehidupan sehari-hati atau malah tidak sama sekali.

Anhendonia berasal dari bahasa Yunani yang artinya tanpa kesenangan, hal ini ditandai dengan ketidakmampuan mengalami kesenangan atau kepuasan dan merupakan ciri khas depresi. Ini juga terkait dengan beberapa kondisi kesehatan mental lainnya.

Memahami apa itu Anhedonia

Baca Juga:Benarkah Kecerdasan Anak Diturunkan dari Gen Ibu ? Simak PenjelasannyaInilah Tips Mudah Lolos Beasiswa KIP Kuliah

Setidaknya ada dua jenis Anhendonia yaitu Anhedonia sosial dan Anhedonia fisik.

Anhedonia sosial dijelaskan dimana kondisi seseorang tidak bisa menghabiskan waktu dengan orang lain, sedangkan Anhedonia fisik yaitu sesorng yang tidak menikmati sentuhan fisik seperti pelukan justru akan membuatnya merasa kosong dan hampa daripada di sayangi. Bahkan seks pun bisa kehilangan daya tariknya.

Gejala Anhedonia

Ada beberapa gejala Anhendonia yang bisa dikenali, hal ini penting diketahui untuk mengambil langkah penanganan sejak awal.

  1. Menghindari situasi sosial dengan teman
  2. Menghindari hubungan romantis atau menarik dari hubungan saat ini.
  3. Berfikir negatif pada diri sendiri dan orang lain.
  4. Mengatakan hal-hal negatif pada diri sendiri
  5. Lebih banyak memiliki ekspresi kosong, minim ekspresi emosi seperti kegembiraan, empati, simpati dan lain sebagainya
  6. Perasaan tidak nyaman di sekitar orang lain atau keluarga.
  7. Mengenakan emosi palsu8.gairah seks menurun

Psikolog peniliti percaya bahwa Anhedonia terjadi karena ada perubahan aktivitas otak.

Penyebab dan pemicu Anhendonia

Hadirnya Anhedonia bisa menentukan tingkat depresi dan responnya terhadap tingkat pengobatan, sampai saat ini para ahli sudah menemukan hubungan yang konsisten antara Anhedonia dan aktivitas otak di beberapa area.

Anhedonia tampaknya terhubung ke bagian otak yang disebut striatum ventral dan korteks prefrontal. Yang pertama orang yang menderita Anhedonia memiliki aktivitas otak rendah daripada orang yang tidak mengalami Anhedonia, ke dua lebih banyak aktivitas daripada orang biasa.

Beberapa pemicu atau penyebab Anhedonia :

0 Komentar