5 Manfaat Physical Touch: Ungkapkan Perasaan sembari Meningkatkan Kesehatan Mental

manfaat physical touch untuk kesehatan mental
Manfaat Physical Touch untuk Kesehatan Mental (Foto: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Dari beberapa tipe love language yang umum orang-orang miliki, physical touch jadi salah satu bahasa cinta yang sederhana dan sangat mudah untuk dimengerti. Selain jadi representasi rasa kasih yang tak terucapkan, manfaat physical touch ternyata bisa lebih dari itu, lho.

Sentuhan kecil seperti bergandengan tangan, rangkulan di bahu, atau puk-puk di pucuk kepala ternyata menstimulasi otak untuk meredakan hormon stres yang sering buat kamu tertekan. Mengapa bisa begitu? Baca terus sampai habis supaya kamu tahu!

Physical Touch as Love Language

Physical touch adalah tipe love language atau bahasa cinta yang hanya bergantung pada sentuhan fisik tanpa ucapan-ucapan “I love you” dan “I feel happy when I see you,” atau tipe bahasa cinta words of affirmation. Orang-orang pemilik bahasa cinta dengan sentuhan fisik hanya mengandalkan sedikit belaian dan usapan lembut untuk memenuhi kebutuhan mereka akan kasih sayang.

Baca Juga:Serupa Seperti Valentine, White Day jadi Perayaan Hari Kasih Sayang Ke-2 Di Jepang dan Korea SelatanSimak 5 Cara Merayakan Hari Valentine untuk Para Jomblo, Bisa Tetap Happy walau Tidak Ada Doi

Bukan hanya mendapat cinta, sentuhan juga bisa membantu otak seseorang melepaskan hormon seperti oksitosin, serotonin, dan dopamin. Tiga hormon dari hormon kebahagiaan ini bisa membantu menaikkan suasana hati kamu dan menurunkan kadar stres yang kamu alami.

Dan tidak hanya itu, masih ada beberapa manfaat physical touch yang perlu kita kupas. Berikut ini ada sedikit rangkuman tentang manfaat physical touch yang penuh kasih!

(Foto: freepik.com)

Manfaat Physical Touch bagi Kesehatan

1. Mengurangi kadar stres dan tekanan

Seperti yang sudah disinggung di atas, dampak dari manfaat physical touch yang paling terasa adalah meningkatnya oksitosin, seronin serta dopamin yang menjadi booster suasana hati. Hal ini berkaitan langsung dengan pusat rasa bahagia pada otak yang mengimbangi rasa cemas dan stres.

Sebuah pelukan dan genggaman tangan cukup untuk merangsang zat kimia alami otak untuk melepas hormon-hormon kebahagiaan untuk menaikkan suasana hati kamu, membuat kamu lebih tenang, membangun kepercayaan antara kamu dan pasangan, serta menghilangkan keraguan.

2. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat physical touch yang kedua adalah dengan lepasnya hormon oksitosin yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh kamu. Saat kita bersentuhan dengan pasangan kita, tekanan darah dalam tubuh kita akan lebih rendah. Hal ini bisa menurunkan risiko serangan jantung dan penakit lainnya yang berkaitan dengan jantung dan darah.

0 Komentar