5 Manfaat Physical Touch: Ungkapkan Perasaan sembari Meningkatkan Kesehatan Mental

manfaat physical touch untuk kesehatan mental
Manfaat Physical Touch untuk Kesehatan Mental (Foto: freepik.com)
0 Komentar

(Foto: freepik.com)

3. Menghilangkan rasa sakit

Secara sanitifik, sentuhan seperti pijatan di titik-titik tertentu (tangan, punggung tangan, titik antara ibu jari dan telunjuk, dll) bisa mereduksi rasa sakit. Manfaat physical touch satu ini timbul dari hormon-hormon kebahagiaan yang bereaksi dengan bagian otak yang sama dengan yang mereaksi obat-obatan terlarang, hingga menimbulkan perasaan tenang dan bahagia yang candu.

Dari situ, rasa sakit seperti sakit kepla, stres, hingga otot tegang dan sakit punggung bisa hilang. Kamu juga bisa dapat kualitas tidur yang baik sebagai manfaat physical touch.

4. Meningkatkan pertumbuhan anak

Tidak hanya orang dewasa, manfaat physical touch juga bisa dirasakan oleh anak-anak. Bagi anak-anak yang familiar dengan bahasa cinta physical touch, mereka cenderung tumbuh dengan lebih maksimal dan memberi efek positif jangka panjang.

Baca Juga:Serupa Seperti Valentine, White Day jadi Perayaan Hari Kasih Sayang Ke-2 Di Jepang dan Korea SelatanSimak 5 Cara Merayakan Hari Valentine untuk Para Jomblo, Bisa Tetap Happy walau Tidak Ada Doi

Sentuhan dari orang tua akan memberikan efek melindungi pada anak yang membuat mereka lebih leluasa untuk mengekspresikan diri.

(Foto: freepik.com)

5. Meningkatkan kecerdasan emosional pada anak

Manfaat physical touch  lainnya adalah love language ini bisa mengasah kemampuan emosional pada anak jika diajarkan sejak dini.

Empati dan kecerdasan emosional sangat penting untuk pertumbuhan seorang anak. Dengan empati dan kecerdasan emosional yang optimal, anak akan mudah untuk bersosialisasi, memecahkan masalah, dan tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Jadi, selain sebagai bahasa cinta untuk mengungkapkan perasaan, physical touch juga memberikan dampak positif untuk kesehatan mental dan fisik. Setelah mengetahui fakta ini, jangan sungkan untuk melakukankontak fisik dengan orang yang kamu sayang.

Semoga artikel ini bermanfaat.

**DYA

Referensi:

  1. Manfaat Physical Touch dalam Hubungan – buka
0 Komentar