Remaja Jompo: Masih Muda tapi Sering Sakit Pinggang dan Masuk Angin. Kenapa Bisa Begitu?

remaja jompo
(Foto: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Mungkin sudah tidak asing lagi istilah remaja jompo di kalangan anak-anak muda yang sering sakit pinggang dan masuk angin. Saking seringnya mereka mengalami keluhan seperti pegal-pegal dan pusing, istilah ini seolah tidak akan pernah lepas dari sosok mereka yang lunglai dan lemas 24/7.

Namun, secara harfiah, remaja jompo sebenarnya tidak ada. Ini hanyalah sebutan yang populer di media sosial untuk menyebut kalangan anak muda kelelahan yang mengalami gejala masuk angin, sakit pinggang, kepala pusing, dan lemas.

Gejala-gejala yang timbul dari kelelahan akibat aktivitas dan produktivitas ini pun tidak menggambarkan suatu penyakit secara spesifik. Banyaknya gejala ini timbul akibat aktivitas yang terlalu padat, tekanan dalam berpikir, serta kebiasaan-kebiasaan kurang sehat yang secara tidak sadar mereka lakukan setiap saat.

Baca Juga:5 Manfaat Physical Touch: Ungkapkan Perasaan sembari Meningkatkan Kesehatan MentalSerupa Seperti Valentine, White Day jadi Perayaan Hari Kasih Sayang Ke-2 Di Jepang dan Korea Selatan

Berikut ada beberapa penyebab munculnya gejala-gejala klinis yang sering di rasakan oleh remaja jompo.

Kemungkinan Penyebab Kamu Jadi Remaja Jompo

1. Overthinking

Satu faktor yang cepat membuat kamu berfisik jompo adalah kebanyakan pikiran atau overthinking. Padahal, saat kamu larut dalam pikiranmu yang kusut dan tak berujung itu, otak kamu merespon dengan melepaskan hormon endokrin yang secara  langsung mempengaruhi sistem kerja tubuh kamu.

Dengan kata lain, overthinking bisa mengubah kesehatan mental kamu ke status yang lebih buruk. Padahal, penyakit fisik seperti gejala-gejala remaja jompo bisa bermula dari menurunnya kondisi kesehatan mental.

2. Kualitas tidur yang buruk

(Foto: freepik.com)

Mulai dari remaja hingga orang dewasa, kita disarankan untuk tidur atau istiraham malam setidaknya 7-8 jam, jika kurang dari itu maka ditakutkan kita akan bangun dengan kondisi yang masih lelah dan tidak fit. Bangun dengan kondisi lelah justru akan membuat kamu mudah mengantuk, tidak fokus, dan berpengaruh buruk untuk suasana hati.

Jika kamu ingin begang, cobalah sesuaikan durasi jam idur kamu. Perbaiki kualitas tidur supaya akmu tidak jadi remaja jompo.

3. Kurang cairan tubuh

Walau nampaknya sepele, minum air putih adalah hal yang krusial, lho. Buat remaja jompo kayak kamu, setidaknya kamu harus minum sekitar 8 gelas perhari, atau kurang lebih 2 liter.

0 Komentar