3 Metode Pola Makan Diet Sehat agar Badan Ideal

pola makan diet sehat
Ilustrasi pola makan diet sehat
0 Komentar

Dalam pembiasaan pola makan diet sehat terdapat banyak manfaat selain menjaga agar badan ideal dan kebutuhan energi serta nutrisi tetap tercukupi, hal positif yang akan dirasakan oleh tubuh adalah terhindar dari berbagai penyakit seperti penyakit stroke, penyakit jantung, dan yang lainnya.

Berikut adalah 3 metode praktis bagi para pemula yang ingin memulai membiasakan pola makan diet sehat agar bisa konsisten dan mudah dalam menjalaninya.

Pola Makan Diet Sehat

1. Pastikan Keseimbangan Kalori yang Dikonsumsi Setiap Hari

Kebanyakan orang gagal dalam melakukan diet disebabkan ketidaktahuannya terkait mengatur keseimbangan kalori yang dikonsumsi tubuh. Lebih tepatnya kegagalan ini terjadi ketika kalori yang masuk kedalam tubuh  lebih banyak ketimbang kalori yang dikeluarkan.

Baca Juga:5 Tren Fashion Muslimah yang Diprediksi Booming saat Ramadhan 2023Sah! Erick Thohir Terpilih Jadi Ketua Umum PSSI

Jumlah kalori berlebih yang masuk kedalam tubuh secara terus menerus akan tersimpan dalam bentuk lemak dan mengakibatkan berat badan semakin bertambah. Maka dari itu dalam proses pembiasaan pola makan diet yang sehat perlu menyeimbangkan asupan kalori yang dikonsumsi dan yang dikeluarkan dengan cara olahraga atau cardio.

Apalagi bagi orang yang sudah obesitas, syukur-syukur asupan kalori yang dikeluarkan lebih banyak dari pada yang masuk ke dalam tubuh.

2. Manajemen Jam Makan

Mengatur jam makan perlu diperhatikan dalam mempermudah membiasakan pola makan diet yang sehat agar tujuan badan ideal atau bodygoals dapat tercapai atau tetap terjaga. Makanlah ketika benar-benar merasa lapar, sekali anda makan dalam keadaan tidak lapar atau ngemil maka dorongan makan yang berlebihan akan lebih tinggi dan anda akan kesulitan mengontrol jenis makanan dan porsi makanan yang masuk kedalam tubuh.

Kebiasaan tidak sarapan atau melewatkan waktu makan, selain dapat membuat tidak tercukupinya tubuh oleh nutrisi seperti kalsium, zinc, protein, vitamin A, vitamin C, dan folat, tubuh juga akan sering mendapatkan efek yang tidak baik seperti lemas tidak berenergi, tidak bisa fokus dalam melakukan sesuatu.

3. Perbanyak Minum Air Putih

Dalam proses pembiasaan pola makan diet sehat seringkali merasakan lapar disaat jam-jam tertentu di luar jam makan, dan hal ini membuat dorongan makan meningkat. Meminum air putih dalam kondisi seperti ini adalah solusi yang tepat daripada memilih untuk mengkonsumsi makanan atau ngemil, selain dapat menekan rasa lapar, meminum air putih juga dapat menjaga tubuh kita terhindar dari dehidrasi

0 Komentar