Mengenal Fear of Abandonment: Gejala, Penyebab, dan Cara Mengatasinya

fear of abandonment
(Foto: freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Fear of abandonment adalah kondisi emosional yang umum ditemukan di antara orang-orang yang merasa takut bahwa mereka akan ditinggalkan, diabaikan, atau dikhianati. Orang-orang dengan rasa takut ini sering menghindari keintiman, membangun relasi yang lebih dekat, dan menyalahkan diri sendiri ketika mereka merasa diabaikan. Namun saat seseorang dengan kondisi ini sudah berada dalam suatu hubungan, dia akan merasakan ketakutan yang luar biasa jika suatu saat seseorang akan meninggalkannya.

Dalam artikel ini, kita akan membahas tentang apa itu Fear of Abandonment, gejala-gejala yang terkait, penyebabnya, serta cara untuk mengatasinya.

Apa itu Fear of Abandonment?

Fear of abandonment adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan ketakutan yang berlebihan terhadap kehilangan hubungan atau ditinggalkan oleh orang lain. Orang yang mengalami fear of abandonment sering menghindari situasi yang berpotensi mengakibatkan perpisahan.

Baca Juga:Remaja Jompo: Masih Muda tapi Sering Sakit Pinggang dan Masuk Angin. Kenapa Bisa Begitu?5 Manfaat Physical Touch: Ungkapkan Perasaan sembari Meningkatkan Kesehatan Mental

Mereka juga mungkin merasakan kekhawatiran berlebihan terhadap situasi yang biasanya menyebabkan mereka menjadi sensitif terhadap tindakan atau ucapan yang dapat menyebabkan kehilangan hubungan. Dengan menggunakan pendekatan profesional, individu dapat mengenali gejala fear of abandonment dan mencari cara untuk mengatasi masalah ini.

Gejala Fear of Abandonment

(Foto: freepik.com)

Fear of abandonment adalah kondisi psikologis yang ditandai dengan rasa takut yang berlebihan bahwa seseorang akan ditinggalkan oleh orang yang dicintainya. Ini adalah masalah umum yang dapat berdampak signifikan pada kehidupan individu.

Gejala mungkin termasuk dalam kondisi gangguan kesehatan metal ini meliputi:

  1. Kecemasan,
  2. Serangan panik atau panic attack,
  3. Depresi,
  4. Kekhawatiran terus-menerus,
  5. Sulit mempercayai seseorang,
  6. Tidak menyukai penolakan,
  7. Kesulitan dalam hubungan.

Penting untuk memahami penyebab dan konsekuensi dari fear of abandonment untuk mencari pengobatan yang tepat.

Terapi seperti terapi perilaku-kognitif, terapi interpersonal, dan terapi psikodinamik dapat membantu individu untuk mengelola ketakutan mereka dengan lebih baik dan mengatasi masalah mereka.

Dengan dukungan dan pemahaman yang tepat, kemungkinan untuk menjalani kehidupan yang lebih sehat dan lebih memuaskan akan jadi lebih besar.

Penyebab Fear of Abandonment

(Foto: freepik.com)

Fear of abandonment adalah salah satu bentuk kecemasan yang dapat memengaruhi kesejahteraan sosial dan emosional seseorang. Hal ini ditandai dengan perasaan tidak aman, cemas, dan takut ditinggal sendiri atau tidak diterima.

0 Komentar