Jangan Panik! Simak 5 Cara Mengatasi Sulit BAB pada Anak Berikut Ini

Cara mengatasi sulit BAB pada anak
Ilustrasi Anak kesulitan BAB. (Unsplash.com)
0 Komentar

Sedangkan, dengan mengatur jadwal makan anak dapat merangsang usus untuk terbiasa buang air besar secara teratur. Biasakan sang buah hati untuk makan tepat waktu mulai dari sarapan, makan siang hingga makan malam. Sehingga, kamu juga dapat memantau waktu buang air besar anak dengan baik.

Penuhi Kebutuhan Mineral Anak

Meski terlihat sepele, kamu juga perlu penuhi kebutuhan mineral anak. Ketika kebutuhan cairan tubuh terpenuhi. Maka, feses akan menjadi lebih lunak dan proses buang air besar berjalan lancar serta teratur. 

Namun, jika anak kekurangan kebutuhan mineralnya ia akan mengalami dehidrasi hingga kesulitan buang air besar. Usahakan anak minum air putih minimal satu liter perhari dan lengkapi kebutuhan lainya dengan konsumsi jus buah.

Baca Juga:MOMOLAND Resmi Bubar! Setelah 6 Tahun BerkarierMengenal Aplikasi Weverse, Tempat Asyik Berkumpulnya Para Idol dan Fans K-Pop

Biasakan Konsumsi Makanan Berserat

Cara selanjutnya yaitu biasakan konsumsi makanan berserat. Ketika anak makan, usahakan sajikan sayuran maupun buah setiap harinya. Selain itu, kamu juga dapat menyajikan menu yang berbahan dasar biji-bijian hingga kacang-kacangan. Hal ini dapat membantu BAB anak menjadi lancar dan tidak keras.

Sebab, setiap buah atau sayuran berserat mengandung banyak air yang membantu memperlancar proses buang air besar serta meningkatkan gerakan pada usus untuk membantu mendorong feses keluar.

Berikan Obat Pencahar saat Diperlukan

Cara terakhir yang dapat kamu tempuh yaitu berikan obat pencahar saat diperlukan. Setelah melakukan berbagai cara alami. Pemberian obat pencahar ini dapat membantu anak dalam memperlancar proses buang air besar. 

Adanya kandungan zat aktif laktulosa dapat membantu feses menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan. Kamu juga bisa menggunakan obat pencahar dengan kandungan bisacodyl suppositoria yang dimasukkan lewat dubur untuk mengatasi permasalahan sulit BAB pada anak. 

Itulah lima cara mengatasi sulit BAB pada anak yang tentunya mudah dilakukan. Namun, ketika kondisi sembelit anak semakin parah meski telah melakukan berbagai cara di atas. Jangan ragu untuk melakukan pemeriksaan ke pusat pelayanan kesehatan terdekat, ya!

Sadari gejala seperti berat badan yang terus berkurang hingga adanya pendarahan saat melakukan buang air besar. Jangan sampai tumbung kembang dan kesehatan anak kita terganggu. Selamat mencoba tips di atas dan salam sehat! (*)

0 Komentar