Pendaftaran Kontes Robot Indonesia (KRI) Resmi Dibuka, Cek Syarat dan Ketentuannya !

Pendaftaran Kontes Robot Indonesia (KRI) Resmi Dibuka, Cek Syarat dan Ketentuannya !
Pendaftaran kontes robot Indonesia (Foto : Kontesrobotindonesia.id)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Pendaftaran Kontes Robot Indonesia (KRI) 2023 resmi dibuka, pendaftaran dimulai pada tanggal 15 Februari – 10 Maret 2023 mendatang.

Pembukaan pendaftaran KRI 2023 dituangkan Kepada Badan Talenta Indonesia (BTI) Nomor : 0294/J7.1/PN.00/2023 14 Februari 2023. Dalam surat disebutkan Kontes Robot Indonesia tahun 2023 ini digelar secara daring dan luring.

KRI merupakan kegiatan kompetisi rancang bangun dan rekayasa dalam bidang robotika yang diselenggarakan olehPusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. KRI mempertandingkan tujuh divisi, yaitu: Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot SAR Indonesia (KRSRI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI), Kontes Robot Tematik Indonesia (KRTMI), dan Kontes Robot Bawah Air Indonesia (KRBAI).

Baca Juga:4 Hal yang Harus Kamu Pertimbangkan Saat Memilih Guru Privat AnakKembangkan Potensi Siswa dari Aspek Religius, SMKN 1 Karangdadap Gelar Isra Mi’raj

KRI 2023 merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan secara bertahap mulai dari tingkat Wilayah hingga Nasional.

KRI tingkat wilayah dilaksanakan secara daring (online) dan dibagi menjadi 2 wilayah yaitu wilayah I mencakup Indonesia bagian Barat dan wilayah II mencakup Indonesia bagian Timur.

Sejumlah tim terbaik dari wilayah akan diundang untuk bertanding mengikuti kompetisi tingkat nasional, dan KRI 2023 tingkat nasional dilaksanakan secara luring, tim peserta KRI 2023 tingkat nasional akan mempertandingkan robotnya secara langsung di lapangan.

Tahapan Pelaksanaan KRI 2023

  1. Peserta melakukan pendaftaran dan mengumpulkan proposal KRI 2023
  2. Tahap pertama, peserta akan melalui tes seleksi evaluasi adminitrasi dan penilaian proposal.
  3. Mengumpulkan Laporan Kemajuan Video Penampilan Robot
  4. Tahap ke dua, melakukan evaluasi dan penilaian laporan dan/ atau video kemajuan untuk menentukan calon peserta yang lolos mengikuti KRI Tingkat Wilayah
  5. KRI Tingkat Wilayah, terbagi atas dua wilayah, yaitu Wilayah I dan Wilayah Wilayah II mencakup Indonesia bagian Timur.
  6. KRI Tingkat Nasional, diikuti oleh sejumlah tim terbaik pada KRI Tingkat Wilayah.

Kontes Robot Indonesia dapat diikuti tim mahasiswa dari seluruh Perguruan Tinggi yang terdapat di Republik Indonesia, yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi. Kontes Robot Indonesia tidak lagi terbatas pada Perguruan Tinggi yang berada dalam lingkungan Kemendikbudristek.

0 Komentar