3 Titik Tanah Longsor di Petungkriyono, 2 Ekor Kambing Mati

tanah longsor petungkriyono
Tanah longsor terjadi di 3 titik di Petungkriyono. (Hadi Waluyo)
0 Komentar

Pemberian bantuan penanganan tanah longsor dari lumbung sosial kecamatan (Hadi Waluyo)

Longsor dua pekan sebelumnya juga terjadi di Desa Songgodadi, Kecamatan Petungkriyono. Tebing setinggi 200 meter dengan lebar 50 meter longsor hancurkan instalasi air bersih di Desa Songgodadi, Kecamatan Petungkriyono, Kabupaten Pekalongan, Jumat (10/2/2023) malam. Akibatnya, bak penampung air bersih dan jaringan paralonnya porak-poranda dihajar longsoran tersebut, sehingga 136 kepala keluarga di desa itu pasokan air bersihnya terganggu.

Perangkat Desa Songgodadi, Daslam, Sabtu (11/2/2023), menerangkan, hujan mengguyur wilayah Kecamatan Petungkriyono pada Jumat (10/2/2023) petang hingga menjelang Sabtu (11/2/2023) dini hari. Akibatnya, longsor terjadi di sejumlah titik di wilayah pegunungan tersebut. Salah satunya, longsor hancurkan instalasi air bersih di Desa Songgodadi.

Baca Juga:1 Pemancing Tewas Tenggelam Terseret Arus Sungai Kali Paingan di Blok Curug Sanggar Simendem6 Fakta Macan Kumbang Liar, Spesies yang Ditemukan di Warung Makan di Mesoyi Pekalongan

“Hujan semalam dari Mahrib hingga pagi hari mengakibatkan longsor di wilayah Munggang, Desa Songgodadi. Tebing setinggi 200 meter, lebar 50 meter, longsor menimpa bak air bersih, itu di bak 1. Bak dan paralonnya akhirnya hancur terbawa longsor,” terang dia.

Akibat longsor hancurkan instalasi air bersih di Desa Songgodadi, sebanyak 136 kepala keluarga (KK) atau 542 jiwa warga di Dukuh Songgowedi, Desa Songgodadi, kesulitan mendapatkan pasokan air bersih. Untuk sementara, kata Daslam, warga mengambil air dari mata air dari Blok Bulu. Namun mata air ini kecil, sehingga hanya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan air minum dan memasak saja.

“Tebing jalan longsor juga menimpa kandang sapi milik Bapak Casmadi. Kandang sapinya sepanjang 12 meter terkena longsoran,” katanya.

Beberapa Kejadian Longsor di Petungkriyono di 2023

Di awal tahun 2023, longsor sudah terjadi di kecamatan ini. Dua rumah warga di Dukuh Sawangronggo, Desa Tlogopakis, Kecamatan Petungkriyono, tertimpa talud pengaman yang longsor, Minggu (1/1/2022), pukul 10.45 WIB.

Material longsor juga menimpa pemotor yang tengah melintas di bawah lokasi talud. Akibatnya, seorang pemotor mengalami luka-luka.

Camat Petungkriyono Hadi Surono, menerangkan, longsoran menimpa 2 rumah warga milik Sardi dan Taromi. Selain itu terdapat korban luka ringan, yakni Warso. Sepeda motornya juga mengalami kerusakan.

0 Komentar