Fakultas Ilmu Kesehatan Unikal Gelar Pengabdian Masyarakat Optimalisasi Kelas Ibu Hamil

Fakultas Ilmu Kesehatan Unikal
FOTO - Tim Unikal beserta peserta pelatihan berfoto bersama usai kegiatan
0 Komentar

KOTA, RADARPEKALONGAN.ID – Minggu, tanggal 05 Maret tahun 2023, Fakultas Ilmu Kesehatan Unikal melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat khususnya ditujukan kepada ibu hamil di Desa Purworejo Kecamatan Sragi.

Disampaikan Ketua pelaksana kegiatan pengabdian masyarakat Nur Susanti, SST.,FT.,M.Fis, bahwa kegiatan ini diikuti kurang lebih 15 ibu hamil dan 8 kader kesehatan dengan edukasi mengenai senam varises dan gizi seimbang.

“Banyak manfaat yang didapat dari kegiatan ini, selain ibu hamil lebih mengetahui bagaimana penerapan melakukan senam varises untuk mencegah gejala varises , disini ibu juga dibekali dengan pengetahuan tentang gizi yang seimbang selama proses kehamilan,” ungkapnya.

Baca Juga:Kamu Harus Tahu, Skor UTBK 2023 Bisa Kamu Gunakan untuk Apa Saja?Catat! Inilah Hal yang Perlu Dipertimbangkan Saat Memilih Pola Asuh Anak

Dalam kegiatan tersebut ada 2 dosen yang menjadi narasumber yakni ibu Wahyuningsih, S.KM.,M.Kes dan ibu Nur Susanti, S,ST.,Ft.,M.Fis serta mengikutsertakan 2 mahasiswa. Kegiatan pengabdian tersebut mengangkat tema optimalisasi kelas ibu hamil dengan beberapa materi yakni penyuluhan dan pelatihan Fisioterapi tentang pencegahan varises pada ibu hamil dan pencegahan terjadinya oedema (pembengkakan pada tungkai).

Dijelaskab lebih lanjut, kegiatan kedua yakni pemberian KIE terkait gizi seimbang selama masa kehamilan. Edukasi sendiri berisi tentang kebutuhan gizi apa saja yang dibutuhkan oleh ibu hamil di jenjang trimester selama kehamilannya.

“harapannya edukasi ini bisa memotivasi ibu hamil untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas asupan makanan selama kehamilan yang berdampak pada perkembangan janinnya,” imbuh Susanti.

Selain pemberian edukasi berkaitan dengan pembinaan fisik, kegiatan ini juga memberikan motivasi secara psikis dengan membangun afirmasi positif melalui self healing. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk manajemen pengelolaan emosi selama kehamilan sehingga ibu dapat menjalani kehamilan dengan aman, nyaman dan bahagia.(mal)

0 Komentar