Unikal Berhasil Berikan Pelatihan Pembuatan Video Pencegahan TBC di Desa Purworejo Kabupaten Pekalongan

Unikal Membuat video pencegahan TBC
FOTO - Tim Unikal dan peserta pelatihan video berfoto bersama usai kegiatan
0 Komentar

KOTA, RADARPEKALONGAN.ID– Universitas Pekalongan (Unikal) menggelar pelatihan pembuatan video pencegahan TBC di Desa Purworejo Kabupaten Pekalongan, Minggu (5/3/2023).

Disampaikan Ketua Pelaksana Kegiatan Pengabdian Masyarakat Unikal Nur Lu’lu Fitriyani,S.Si.,M.Si bahwa kegiatan pembuatan video pencegahan TBC ini dilatarbelakangi belakangi oleh temuan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pekalongan mencatat ada lebih dari 1.000 kasus TBC.

Temuan ini hampir sama dengan tahun sebelumnya dan tersebar hampir merata disetiap kecamatan di Kab Pekalongan. Di Kecamatan Sragi sendiri di temukan ada 82 kasus TB. Sebanyak 18 kasus TB dilaporkan oleh Puskesmas Sragi 1 dan sebanyak 64 kasus TB dilaporkan oleh puskesmas Sragi 2.

Baca Juga:Fakultas Ilmu Kesehatan Unikal Gelar Pengabdian Masyarakat Optimalisasi Kelas Ibu HamilKamu Harus Tahu, Skor UTBK 2023 Bisa Kamu Gunakan untuk Apa Saja?

Tuberkulosis sendiri merupakan penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang dapat menular melalui droplet/ dahak yang keluar dari penderita TB. Indonesia masih menduduki perigkat ke 3 dengan jumlah kasus TB terbanyak di dunia. Kasus TB di Indonesia menurut data Kemeterian Kesehatan RI pada tahun 2021 mencapai 969.000 dengan kasus kematian sebanyak 15.186 orang dan 8.268 kasus resisten tuberkulosis.

“Upaya pencegahan TBC telah dilakukan baik ditingkat kebijakan pusat hingga pelayanan Kesehatan primer di tingkat daerah. Pemerintah telah menetapkan program eliminasi TBC pada tahun 2030,” ungkapnya.

Perlu adanya strategi akselerasi yang dapat mencegah penularan TBC, yakni dengan peningkatan kemitraan, peningkatan kemandirian masyarakat, penguatan peran dan kepemimpinan, peningkatan akses layanan yang bermutu, pengendalian faktor risiko penularan TB, serta penguatan sistem dan manajemen TB.

Menghadapi situasi tersebut, apa yang harus dilakukan Unikal sebagai upaya pencegahan TBC?

Tim pengabdian Unikal yang terdiri dari 3 dosen (Nur Lu’lu Fitriyani, S.Si., M.Si., Teguh Irawan, S.KM., M.Kes., dan Wahyuningsih, S.KM., M.Kes) dan 1 mahasiswa Prodi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan masyarakat Unikal melakukan upaya peningkatan kemandirian masyarakat dalam upaya pencegahan penularan TB dengan melakukan pelatihan pembuatan video pencegahan TBC di Desa Purworejo, Kecamatan Sragi, Kabupaten Pekalongan. Kegiatan ini diikuti sebanyak 16 peserta dari kalangan ibu kader posyandu dan kelompok posyandu remaja.

“Kita memberikan edukasi kesehatan tentang pengenalan TBC dan gejalanya serta pencegahan TBC dan penanggulangannya” ungkap Luluk.

0 Komentar