Hore! Program Sembako 2023 Cair, Segini Besaran yang Diterima

program sembako
Kepala Dinsos Kabupaten Batang, Joko Tetuko.
0 Komentar

BATANG, RADARPEKALONGAN.ID – Pemerintah Kabupaten Batang menyatakan program sembako 2023 sudah mulai dicairkan sejak awal Maret 2023 ini.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Batang, Joko Tetuko mengatakan, program sembako 2023 yang sudah mulai dicairkan itu untuk periode Januari-Februari 2023.

 “Ya, untuk periode Januari-Februari 2023 sudah mulai dicairkan Maret ini. Di mana setiap keluarga penerima manfaat (KPM) menerima Rp400 ribu,” ungkap Joko, Kamis (9/3/2023).

Baca Juga:Juru SelamatAnggaran Capai Rp6,6 Miliar, Segini Besaran Insentif Ketua RT/RW di Batang Per Bulan

Diungkapkan Joko, bahwa memang penyaluran program sembako dari Kementerian Sosial (Kemensos) itu disalurkan pada KPM setiap dua bulan sekali.

“Setiap KPM itu dianggarkan Rp200 ribu per bulannya, namun penyalurannya dilakukan setiap dua bulan sekali Rp400 ribu,” terang Joko.

Adapun disebutkan Joko, program sembako itu diperuntukkan bagi 51 ribu KPM yang ada di seluruh Kabupaten Batang.

“Jadi total anggaran program sembako untuk 51 ribu KPM di Batang pada tahun 2023 ini mencapai Rp122.400.000.000,” ujar Joko.

Disampaikan Joko, bahwa pencairan bantuan sosial program sembako itu mulai tahun ini dilakukan melalui Bank Himbara (Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BTN, dan Bank BRI).

“Untuk Batang penyalurannya tidak lagi melalui PT POS Indonesia. Jadi para KPM program sembako yang dekat dengan bank bisa mengambil bansos secara tunai di cabang atau ATM terdekat,” katanya.

Masih kata Joko, dengan adanya penyaluran program sembako itu, pihaknya telah mengeluarkan surat edaran yang ditujukan pada TKSK se Kabupaten Batang dan SDM PKH se Kabupaten Batang.

Baca Juga:Rangking Capaian MPC di Jateng Stagnan, Pj Bupati Batang Minta Pendampingan KPK DiperketatPolres Batang Bagikan 30 Life Jacket pada Apel Ikan Selayar

“Kami minta petugas melakukan sosialisasi penyaluran dan pemanfaatan dana bansos program sembako ini. Di mana bansos ini diberikan pada KPM untuk pembelian bahan pangan yang ditentukan dengan menarik tunai di out lite / ATM Himbara dan dibelanjakan di warung terdekat dari tempat tinggal KPM,” terangnya.

Kemudian, petugas diminta untuk melakukan pengawasan pelaksanaan program sembako dan membantu penyelesaian permasalahan dalam pelaksanaan program sembako. Selain itu juga melaporkan pelaksanaan program sembako.

“Dan terpenting, tidak boleh ada biaya tambahan yang dibebankan kepada KPM,” tandas Joko.

Sebagai tambahan informasi, Masyarakat dapat melakukan pengecekan penerima bansos tahun2023 ini secara online melalui laman resmi https://cekbansos.kemensos.go.id.

0 Komentar