10 Sarjana Muda ini Harus Menetap di Batang Selama 7 Bulan, Ada Apa?

sarjana muda
Disparpora Batang melepas 10 sarjana muda yang akan mengikuti program PKKP di 5 desa Kabupaten Batang.
0 Komentar

BATANG – RADARPEKALONGAN.ID – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerjunkan 10 sarjana muda di 5 desa wilayah Kabupaten Batang selama 7 bulan lamanya.

Dikatakan Kepala Disparpora Kabupaten Batang, Yarsono, bahwa 10 orang pemuda itu merupakan para relawan terpilih yang sebelumnya mengikuti seleksi Program Pengembangan Kepedulian dan Kepeloporan Pemuda (PKKP) milik Disporapar Jateng.

“Jadi selama 7 bulan kedepan para sarjana muda ini akan disebar ke 5 desa di Batang yang telah menjadi sasaran PKKP. Mereka akan tinggal di tengah warga setempat untuk mengentaskan angka kemiskinan daerah itu,” ungkap Yarsono usai melepas 10 relawan muda ke desa sasaran PKKP, Selasa (14/3/2023).

Baca Juga:Super HematLakukan Penghijauan, Kodim Batang Tanam 1.000 Bibit Pohon Buah

Disebutkan dia, 5 desa sasaran PKKP di Batang itu yakni, Desa Jambangan Kecamatan Bawang, Desa Toso Kecamatan Bandar, Desa Adinuso Kecamatan Reban, Desa Cokro Kecamatan Blado, dan Desa Juragan Kecamatan Kandeman.

“Relawan atau para sarjana muda yang diterjunkan ke pelosok Batang ini ialah mereka yang berjiwa kewirausahaan atau memiliki skill dalam entrepreneurship,” kata Yarsono.

Mereka, lanjut Yarsono, bertugas untuk menggali dan mengangkat potensi desa sasaran. Supaya tercipta lapangan kerja, lalu pendapatan warga meningkat dan bisa lebih sejahtera.

“Para sarjana berjiwa entrepreneurship ini dibutuhkan di desa untuk membatu warga mengembangkan produk khas daerah. Mulai dari mendampingi proses perizinan PIRT, peningkatan kualitas produk, pengemasan, hingga pemasaran digital di berbagai marketplace,” terangnya.

Menurut dia, selain sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat, program PKKP ini dinilai dapat mengasah kemampuan para relawan muda yang terlibat melalui pengalaman langsung.

“Kami sangat berharap, program unggulan Disporapar Jateng ini dapat langsung dirasakan warga dan berkontribusi dalam penurunan angka kemiskinan di Batang,” ujarnya.

Untuk diketahui, program PKKP itu digaungkan seiring angka kemiskinan di Jawa Tengah sekarang ini mencapai 3,83 juta jiwa.

Baca Juga:118 Atlet Batang Ikuti Popda se Eks Karesidenan Pekalongan, Ini Daftar CabornyaSilicon Startup

Adapun, para relawan terpilih dalam program PKKP itu diterjunkan ke 22 kabupaten/kota di Jawa Tengah dengan angka kemiskinan terbesar di Jateng.

0 Komentar