5 Tempat Wisata Hits di Kabupaten Semarang

Wisata hits di kabupaten Semarang
Salah satu pemandangan di kawasan Rawa Pening, Kabupaten Semarang. (Foto: @pesona_kabsemarang/Instagram)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Ada banyak tempat wisata hits di Kabupaten Semarang yang bisa kamu kunjungi bersama keluarga, teman, pasangan, atau kerabat terdekatmu.

Banyak jenis wisata yang bisa dipilih, mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, maupun wisata kuliner.

Kondisi Administratif dan Geografis Kabupaten Semarang

Sebelum membahas lebih jauh tentang wisata di Kabupaten Semarang, tak ada salahnya kita paparkan terlebih dahulu tentang kondisi administratif dan geografis Kabupaten Semarang.

Baca Juga:5 Tips Menjaga Daya Tahan TubuhCara Menentukan Jurusan Kuliah agar Tidak Merasa Salah Jurusan

Dilansir dari laman resmi Pemkab Semarang, Kabupaten Semarang merupakan salah satu Kabupaten dari 29 kabupaten dan 6 kota yang ada di Provinsi Jawa Tengah.

Kabupaten ini terletak di posisi 1100 14′ 54,74″ – 1100 39′ 3″ Bujur Timur dan 70 3′ 57” 70 30’0′ Lintang Selatan. Luas keseluruhan wilayah Kabupaten Semarang adalah 95.020,674Ha atau sekitar 2,92% dari luas Provinsi Jawa Tengah.

Ibukota Kabupaten Semarang berada di kota Ungaran. Secara administratif, Kabupaten Semarang terbagi menjadi 19 Kecamatan, 27 Kelurahan dan 208 desa. Batas-batas Kabupaten Semarang adalah sebelah utara berbatasan dengan Kota Semarang dan Kabupaten Demak.

Kemudian, sebelah timur berbatasan dengan Kabupaten Grobogan dan Kabupaten Boyolali, sebelah selatan berbatasan dengan Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Magelang; dan sebelah barat berbatasan dengan Kabupaten Magelang dan Kabupaten Kendal.

Kabupaten Semarang berada di ketinggian antara 500 – 2000m di atas permukaan laut (dpl). Ketinggian terendah terletak di desa Candirejo Kecamatan Pringapus, dan tertinggi di desa Batur ,Kecamatan Getasan.

Rata-rata curah hujan 1.979 mm dengan banyaknya hari hujan adalah 104. Kondisi ini terutama terutama dipengaruhi oleh letak geografis Kabupaten Semarang yang dikelilingi oleh gunung/pegunungan dan sungai.

Beberapa gunung/pegunungan dimaksud, diantaranya: Gunung Ungaran, Gunung Telomoyo, Gunung Merbabu, Pegunungan Sewakul, Pegunungan Kalong, Pegunungan Pasokan, Pegunungan Ngebleng dan Gunung Tumpeng, Pegunungan Rong, Pegunungan Sodong, dan Pegunungan Pungkruk.

Baca Juga:5 Rekomendasi Menu Takjil untuk Buka Puasa4 Fakta Ajudan Pribadi yang Ditangkap atas Dugaan Kasus Penipuan Rp1,3 Miliar

Adapun sungai/kali dan danau/rawa Kabupaten Semarang diantaranya: Kali Garang (melalui sebagian wilayah Kecamatan Ungaran dan Bergas); Rawa Pening (meliputi sebagian dari wilayah Kecamatan Jambu, Banyubiru, Ambarawa, Bawen, Tuntang, dan Getasan); Kali Tuntang (melewati sebagian dari wilayah Kecamatan Bringin, Tuntang, Pringapus dan Bawen); dan Kali Senjoyo (melalui sebagian wilayah Kecamatan Tuntang, Pabelan, Bringin, Tengaran dan Getasan).

0 Komentar