Inilah 5 Keuntungan Puasa Bagi Kesehatan Tubuh

Keuntungan puasa bagi kesehatan tubuh
Keuntungan puasa bagi kesehatan tubuh ( foto: freepik.com)
0 Komentar

Selain itu, orang yang berpuasa akan mengubah pola makannya menjadi lebih teratur dan sehat.Dengan membatasi frekuensi dan durasi waktu makan bisa mengurangi asupan kalori harian.

Faktanya, sebuah studi tahun 2015 menyatakan bahwa puasa sepanjang hari bisa mengurangi berat badan hingga 9 persen

  1. Menguatkan sistem imun

Keuntungan puasa bagi kesehatan tubuh yang kedua adalah seperti yang dikutip dari laman Universitas Gadjah Mada, Ahli gizi UGM R. Dwi Budiningsari, SP., M.Kes., Ph.D., mengatakan bahwa puasa bisa menguatkan sistem kekebalan imun dalam tubuh.

Baca Juga:Mts Hifal Gelar Semarak Roadshow Kurikulum MerdekaKaji KUHP Baru, FH Unikal Gelar Kuliah Umum

Apalagi jika kamu bisa mendukungnya dengan menu makanan yang sehat dan bergizi seimbang.

Menurut Dwi, puasa selama 30 hari bisa merangsang pembentukan sel darah putih baru yang memicu regenerasi seluruh sistem kekebelan tubuh.

Kerja sistem imun yang sudah diperbaharui tersebut akan lebih optimal dalam menangkal infeksi bakteri, virus atau lainnya.

  1. Menurunkan kolesterol

Keuntungan puasa bagi kesehatan tubuh yang ke tiga adalah merangkum dari MIMS, Sebuah tim ahli jantung di Uni Emirat Arab (UEA) menemukan bahwa orang yang berpuasa mengalami penurunan kadar kolesterol total dan trigliserida, sementara meningkatkan kadar kolesterol baik (HDL).

Kadar kolesterol rendah juga akan berhubungan erat dengan peningkatan kesehatan jantung. Dalam jangka lama akan penurunan kolesterol bisa mencegah resiko serangan jantung, stroke dan lain sebagainya.

  1. Menjaga kesehatan mental

Banyak penelitian yang menyebutkan bahwa berpuasa bisa membuat otak lebih tahan terhadap stres, lebih mudah beradaptasi dengan perubahan serta meningkatkan mood.

Hal ini dikarenakan puasa dapat menstabilkan hormon kortisol yang diproduksi oleh kelenjar adrenal. Lebih mudahnya puasa bisa mengurangi stres.

Baca Juga:Unikal Gelar Sidang Senat Terbuka ke -58, Mewisuda 466 WisudawanPahami, Ketentuan dan Syarat dalam Puasa Ramadhan Bagi Umat Islam

Selain itu, tujuan utama dari puasa adalah beribadah sehingga dalam menjalankan ibadah akan memunculkan ketenangan dan ketentraman dalam diri.

  1. Melawan penuaan

Keuntungan puasa bagi kesehatan tubuh yang terakhir adalah menurut sejumlah penelitian, membatasi kalori harian ternyata juga bisa bermanfaat untuk anti aging.

Puasa juga meningkatkan kerja metabolisme yang memudahkan tubuh untuk memecah makanan dan membakar kalori. Hal ini dapat membantu penurunan berat badan yang lebih efektif sehingga memunculkan penampilan yang jauh lebih muda.

0 Komentar