Arti, Kapan dan 5 Makna dari Malam Lailatul Qadar yang Wajib Anda Ketahui

malam lailatul qadar arti lailatul qadar kapan lailatul qadar 2023 makna lailatul qa dar
Ilustrasi berdoa (Foto/freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Terdapat banyak hal yang dinantikan oleh umat muslim diseluruh penjuru dunia saat ramadan tiba. Mulai dari berpuasa, sholat tarawih, malam Lailatul Qadar serta amalan amalan lainnya. Terlebih saat malam Lailatul Qadar terdapat berbagai keistimewaan. Lantas apa arti dari Lailatul Qadar itu sendiri dan kapan datangnya malam Lailatul Qadar ? Simak ulasannya berikut ini

Arti Lailatul Qadar

Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh dengan kemuliaan. Lailatul Qadar sendiri berasal dari kata “lailah”  yang memiliki arti malam dan  kata “qadr” yang memiliki arti kemuliaan. Lailatul Qadar adalah salah satu malam yang istimewa pada bulan ramadan.

Dilansir dari Zakat.or.id malam tersebut adalah peristiwa diturunkannya wahyu dari Allah berupa ayat ayat dalam Al Qur’an kepada Nabi Muhammad SAW melalui perantara malaikat Jibril. Selain turunnya wahyu, pada malam Lailatul Qadar juga memiliki makna turunnya malaikat kebumi yang ditugaskan Allah SWT untuk memberikan berkah, kedamaian serta petunjuk dari Allah SWT.

Baca Juga:Terapkan Ini: Tata Cara Pernikahan Dalam Islam dan Tata Cara Resepsi Pernikahan Sesuai Syariat Islam7 Proses Taaruf dan Manfaat Taaruf dalam Islam

Pada malam tersebut umat muslim saling mencari keberkahan dalam beribadah agar mendapatkan pahala dan ampunan dari Allah SWT. Malam yang lebih baik dari pada seribu bulan atau setara dengan ibadah selama delapan puluh tiga tahun.

Kapan Lailatul Qadar

Tidak ada yang mengetahui pasti kapan turunnya malam Lailatul Qadar ini. Tetapi terdapat hadist yang menyebutkan bahwa datangnya malam Lailatul Qadar pada bulan ramadan tedapat di 10 hari terakhir lebih tepatnya pada malam malam ganjil.

Dari Jabir Ibnu Abdullah, Rasulullah telah bersabda “Sesungguhnya aku telah melihat malam Lailatul Qadar, lalu aku dijadikan lupa kepadanya; malam Lailatul Qadar itu ada pada sepuluh terakhir (bulan Ramadan), pertandanya adalah cerah dan terang, suhunya tidak panas dan tidak pula dingin, seakan-akan padanya terdapat rembulan; setan tidak dapat keluar di malam itu hingga pagi harinya.”

Selain arti dan kapan datangnya Lailatul Qadar itu sendiri, terdapat berbagai makna dari kata malam dan Qadar yang ada didalam Al Qur’an maupun didalam kitab lainnya. Dilansir dari cnnindonesia.com berikut ini makna dari kata malam dan Qadar diantaranya

0 Komentar