Malam Lailatul Qadar: 5 Tanda Malam Lailatul Qadar dan Amalan yang Dapat Dilakukan

lailatul qadar tanda tanda lailatul qadar keutamaan lailatul qadar hal hal yang dapat dilakukan saat malam lailatul qadar
ilustrasi berdoa dan membaca Al Qur'an (foto/freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Lailatul Qadar merupakan malam yang ditunggu-tunggu oleh umat muslim saat bulan Ramadan. Lailatul Qadar, adalah malam kemuliaan. Malam ini lebih baik dari 1.000 bulan. Karena keistimewaan itu, umat muslim berlomba untuk mendapatkannya. Sebenarnya ada beberapa tanda-tanda kapan malam lailatul qadar datang.

Tanda Lailatul Qadar

Dilansir dari Liputan6.com, berikut ini merupakan tanda dari datangnya malam Lailatul Qadar diantaranya

1. Udara yang tenang dan sejuk

Datangnya malam Lailatul Qadar ditandai dengan saat malam hari cerah dan pada keesokan harinya matahari yang terbit tampak teduh tidak seperti hari hari biasanya matahari memncarkan sinarnya keseluruh penjuru. Dari Hadist Riwayat Muslim, Rasulullah SAW telah bersabda, “Malam itu adalah malam yang cerah, yaitu malam kedua puluh tujuh (dari bulan Ramadan). Dan tanda-tandanya ialah pagi harinya matahari terbit berwarna putih tanpa memancarkan sinar ke segala penjuru.

2. Cuaca tidak begitu panas dan tidak dingin

Baca Juga:Arti, Kapan dan 5 Makna dari Malam Lailatul Qadar yang Wajib Anda KetahuiTerapkan Ini: Tata Cara Pernikahan Dalam Islam dan Tata Cara Resepsi Pernikahan Sesuai Syariat Islam

Datangnya malam Lailatul Qadar ditandai dengan cuaca saat malam hari tidak panas maupun dingin. Hal tersebut akan menambah kenyamanan saat beribadah. Dari Hadist Riwayat Imam Al Baihaqi, Rasulullah SAW telah bersabda “ malam yang penuh kemudahan dan kebaikan, tidak begitu panas, juga tidak begitu dingin, pada pagi hari matahari bersinar tidak begitu cerah dan tampak kemerah-merahan.

3. Malam yang tentram dan tenang

Datangnya malam Lailatul Qadar ditandai dengan keadaan pada malam hari tentram dan tenang. Saat malam tersebut para malaikat turun kebumi memberikan suasana yang tentram dan tenang, sehingga ketika sesorang beribadah akan lebih khusyuk. Dari Ibnu Abbas Rasulullah SAW bersabda: “Lailatul Qadar adalah malam tentram dan tenang, tidak terlalu panas dan tidak pula terlalu dingin, esok paginya sang surya terbit dengan sinar lemah berwarna merah.

4. Bualn terlihat separuh

Datangnya malam Lailatul Qadar ditandai dengan munculnya bulan terlihat separuh pada malam hari. Dalam riwayat dari Abu Hurairah, Rasulullah telah bersabda “Siapakah dari kalian yang masih ingat tatkala bulan muncul, yang berukuran separuh nampan.

5. Malam yang tenang dan terang

0 Komentar