6 Tips Menghemat Bahan Bakar Motor Honda, Buat Perjalanan dan Isi Dompet Kamu Semakin Efisien

tips menghemat bahan bakar motor
Cek cara-cara menghemat bahan bakar sepeda motor yang efektif dan efisien! (Ilustrasi ©Astra Honda Motor)
0 Komentar

2. Pakai BBM yang sesuai dengan spesifikasi mesin

Mesin sepeda motor, tidak terkecuali Honda, memiliki spesifikasi tersendiri untuk bahan bakar yang digunakan. Untuk melihat ketentuan bahan bakar yang digunakan, biasanya sudah tertera pada buku manual sepeda motor masing-masing.

Dari situ, kamu perlu lihat BBM dengan berapa oktan yang cocok dengan kendaraan kamu.

Selain menjadikan mesin lebih awet bahan bakar, pengisian dengan BBM yang sesuai akan merawat mesin motor kamu lebih baik lagi.

Baca Juga:7 Tips Jitu Diet saat PuasaInformasi Terkini Harga Honda U-Go, Motor Listrik Baru yang Resmi Hadir di Indonesia

3. Cek berkala tekanan pada ban

Megapa tekanan pada ban bisa berpengaruh terhadap seberapa hemat bahan bakar motor kamu? Karena tekanan an yang kurang akan membuat mesin menjadi berat dan konsumsi bahan bakar akan jadi semakin banyak.

Itu mengapa penting sekali untuk mengecek teknan ban sebelum kamu berkendara. Tekanan ban yang pas akan membuat tarikan mesin kamu jadi ringan, dan velg ban motor kamu tidak akan mudah rusak.

4. Servis berkala dan rutin ganti oli

Penggunaan oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mesin motor dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar saat berkendara. Selain itu, menggunakan oli yang sesuai tetapi tidak pernah diganti juga tidak baik untuk kesehatan mesin motor.

Oleh karena itu, cara menghemat bahan bakar motor adalah dengan melakukan pemeliharaan secara rutin, terutama dengan mengganti oli secara berkala.

Selain itu, melakukan servis rutin untuk maintenance mesin sepeda motor juga dapat membantu menghemat bahan bakar. Dengan memelihara performa mesin motor yang sehat, mesin dapat melakukan pembakaran bensin secara efisien dan efektif.

5. Cek busi secara berkala

Masih berkaitan dengan efektivitas pembakaran bahan bakar pada mesin, busi yang kotor dan rusak akan menyebabkan pemakaian bahan bakar jadi lebih boros. Lagi pula dengan busi yang sudah tidak layak pakai justru akan menyebabkan mesin sepeda motor kamu bermasalah.

Solusi tercepat untuk mengatasi hal ini adalah dengan cek rutin serta pergi ke bengkel resmi untuk megganti yang baru jika diperlukan.

0 Komentar