Bagaimana Cara Mengajarkan Anak Puasa Sejak Dini?

Cara mengajarkan anak puasa sejak dini
Cara mengajarkan anak puasa sejak dini ( Foto : freepik.com)
0 Komentar

Cara mengajarkan anak puasa sejak dini:

Agar anak bisa mendapatkan manfaat berpuasa, maka peran orang tua sangat penting dalam cara mengajarkan anak puasa sejak dini.

Meski belum diwajibkan untuk berpuasa, namun tidak ada salahnya orang tua untuk mengajarkan anak kecil berpuasa.

Dikutip dari Journal of the Pakistan Medical Association, National Health Service UK menyatakan bahwa puasa tidak berbahaya untuk anak-anak.

Baca Juga:Begini Tips Sukses Menghadapi Ujian Sekolah dalam Islam, Kamu Sudah Coba?Universitas Pertamina, Buka Seleksi Penerimaan Mahasiswa 2023 Lewat Jalur Nilai Raport

Namun hal tersebut harus memperhatikan terlebih dahulu terkait kondisi anak serta menggunakan cara yang tepat dalam mengajarkan puasa.

ilustrasi sediakam makanan sehat dan bergizi seimbang saat sahur ( Foto: freepik.com)

Berikut adalah cara mengajarkan anak puasa sejak dini:

  1. Ajarkan anak puasa pada usia yang tepat.

Cara mengajarkan anak puasa sejak dini yang pertama adalah mengajarkan anak puasa pada usia yang tepat. Penting bagi orang tua untuk mengatahui kapan usia yang tepat untuk anak untuk memulai belajar puasa.

Para orang tua disarankan untuk memulai mengajarkan anak berpuasa saat anak memasuki usia Pubertas, yaitu diatas 8 tahun.

Beberapa peneliti menyarankan agar anak berlatih berpuasa disaat usia 10 tahun, jika anak berusia dibawah 8 tahun dianggap masih terlalu kecil untuk belajar berpuasa.

Namun usia tersebut juga bisa lebih cepat, tergantung seberapa siap anak untuk belajar berpuasa.

  1. Lakukan secara bertahap

Untuk melatih anak berpuasa sebaiknya dilakukan secar bertahap. Untuk tahap awal anak-anak bisa belajar puasa setengah hati atau puasa mulai dari pagi sampai tiba waktu makan siang.

Baca Juga:Mendongeng Menjadi Sarana Bangun Karakter AnakInilah 4 Beasiswa Luar Negeri dengan Uang Saku Besar, Adakah Pilihanmu?

Setelahnya, orang tua bisa menambah waktu berpuasa secar perlahan hingga anak dirasa mampu untuk berpuasa sampai sore.

  1. Hargai usaha anak untuk berpuasa

Bukan hanya bagi orang dewasa, namun puasa juga bukan hal muda bagi anak-anak. Oleh karena itu menghargai anak berpuasa bisa meningkat motivasi anak untuk terus belajar berpuasa.

Ada banyak cara yang dapat orangtua lakukan. Orangtua dapat memberi penghargaan pada anak setelah puasa dengan memujinya di depan anggota keluarga lain.(*)

0 Komentar