5 Tips Ajari Anak Puasa di Bulan Ramadan

Tips ajari anak puasa
Ilustrasi anak berbuka puasa bersama kedua orang tua. (Foto/Freepik.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Tips ajari anak puasa di Bulan Ramadan ini penting untuk diperhatikan setiap orang tua muslim. Sebagaimana diketahui, puasa merupakan hal yang wajib dikerjakan oleh setiap muslim pada bulan Ramadan, khususnya bagi yang sudah baligh dan memiliki kondisi fisik yang sehat.

Meskipun anak belum diwajibkan untuk mengerjakan puasa, namun alangkah baiknya jika para orangtua mengajarinya. Agar kelak ketika sudah dewasa anak-anak tidak kaget dan menjadi terbiasa karena sudah diajarkan sejak kecil.

Anak dapat diajari untuk mengerjakan puasa pada usia mulai di bawah 7 tahun. Berhubung mereka belum mengetahui arti puasa yang baik dan benar itu bagaimana, maka para orangtua perlu memberikan beberapa pengertian kepada mereka tentang arti puasa itu bagaimana.

Baca Juga:6 Tips Semangat Bekerja di Saat Puasa9 Tips agar Nafas Tidak Bau selama Puasa

Tips Ajari Anak Puasa

Lalu apa saja sih tips ajari anak puasa di bulan ramadaan? Yuk simak artikel ini sampai selesai:

1. Hindari makan berlebih

Tips ajari anak puasa di bulan ramadan yang pertama adalah ketika berbuka puasa ajarkan kepada anak untuk tidak makan secara berlebihan. Berbuka puasa yang secukupnya saja, karena jika berlebihan ini akan mengakibatkan anak mengalami masalah pencernaan.

Tak hanya itu, sebagai orangtua juga harus memperhatikan makanan yang diberikan kepada anak, jangan memberikan makanan yang banyak mengandung gula karena akan mengakibatkan anak menjadi lemas di keesokan harinya.

2. Wajib sahur

Meskipun anak masih mengantuk, usahakan harus sahur karena dengan sahur menjadikan anak tidak mudah merasa haus dan lapar di keesokan harinya. Agar anak menjadi semangat ketika bersahur para orang tua bisa menyiasatinya dengan cara membuatkan makanan kesukaan si anak.

Tapi jangan lupa untuk tetap memasukkan kebutuhan 4 sehat 5 sempurnanya, seperti makanan pokok, lauk pauk, sayuran dan juga buah-buahan.

3. Hindari aktivitas berlebih

Usia anak-anak memang tidak bisa terlepas dari dunia permainan, apalagi jika anak masih aktif-aktifnya. Sebab, jika anak berlebihan dalam beraktivitas, justru akan mengakibatkan anak cepat lapar dan haus.

Sebagai orang tua harus bisa menasehati anak agar tidak melakukan aktivitas berlebihan yang akan menguras tenaga dan akhirnya menjadi cepat lapar dan haus.

0 Komentar