3 Keutamaan Sahur dalam Islam

Keutamaan sahur
Ilustrasi sebuah keluarga sedang santap sahur. (Freepik.com)
0 Komentar

Pada kitab Fathul bari, Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah berkata bahwa keberkahan sahur dapat diperoleh dengan seseorang yang makan dan minum pada waktu sahur meskipun hanya sedikit.

Berkah yang dimaksud ialah turunyya kebaikan yang mampu mendatangkan pahala serta dapat mendatangkan manfaat dunia dan juga akhirat. Nabi Muhammad SAW mendoakan umat muslim agar kita tidak meninggalkan sahur meskipun kita mampu untuk berpuasa tanpa harus sahur.

3. Allah SWT dan Malaikat mendoakan orang yang sahur

Karena kautamaan yang terdapat pada makan sahur, Nabi Muhammad SAW menganjurkan untuk tidak meninggalkan sahur, meskipun dengan sebiji kurma ataupun dengan minum segelas susu.

Baca Juga:Bahaya Tidur Setelah Sahur5 Manfaat Chia Seed yang Penting untuk Tubuh

Diriwayatkan oleh hadits Riwayat Ahmad, dari Abu Sa’id Al Khudri, Nabi Muhammad SAW bersabda:

اَلسَّحُوْرُ أَكْلُهُ بَرَكَةٌ فَلاَ تَدَعُوْهُ وَلَوْ أَنْ يَجْرَعَ أَحَدُكُمْ جُرْعَةً مِنْ مَاءٍ, فَإِنَّ اللهَ وَمَلاَئِكَتَهُ يُصَلُّوْنَ عَلَى الْمُتَسَحِّرِيْنَ

Artinya: “Makan sahur adalah makan penuh berkah. Janganlah kalian meninggalkan walau dengan seteguk air karena Allah SWT dan Malaikat-Nya bershalawat kepada orang yang makan sahur.”

Dalam Bulughul Amaani, Syaikh Abdurrahman al-Bana menjelaskan bahwa shalawat Allah kepada orang-orang yang sahur adalah bentuk kasih sayang Allah SWT kepada para hamba-Nya. Sedangkan shalawat malaikat kepada orang yang sahur adalah doa dari para malaikat agar Allah SWT memberikan ampunan kepada mereka manusia yang sahur.

Selain beberapa keutamaan yang dijelaskan di atas, berbagai manfaat sahur dalam kitab Fathul Bari menurut Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah adalah menambah kekuatan untuk beribadah, menambah semangat, dan mencegah akhlak yang buruk karena kondisi perut yang lapar.

Selain itu, mendorong perbuatan bersedekah kepada orang yang meminta di waktu sahur. Waktu sahur menjadi waktu yang dianjurkan untuk berdzikir dan berdoa karena merupakan waktu yang mustajab atau waktu yang dianjurkan untuk berdoa.

Segala harapan yang baik dan bermanfaat akan dikabulkan oleh Allah SWT, waktu sahur adalah waktu untuk niat berpuasa bagi orang yang lupa niat berpuasa sebelum tidur, hingga pujian Allah SWT dan para malaikat kepada orang yang melaksanakan sahur. (*)

Ilustrasi: Image by Freepik

0 Komentar