5 Manfaat Chia Seed yang Penting untuk Tubuh

Manfaat chia seed
Chia seed atau biji chia. (unsplash.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Manfaat chia seed cukup banyak. Chia seed sendiri merupakan salah satu biji-bijian yang kerap menjadi solusi untuk mereka yang ingin menurunkan berat badan dengan melancarkan saluran pencernaan.

Dilansir dari siloamhospitals, chia seed atau biji chia adalah salah satu jenis biji-bijian yang kerap menjadi campuran makanan ataupun minuman. Biji chia ini memiliki ukuran yang mini, meski begitu manfaat dari biji-bijian satu ini rupanya begitu besar.

Chia seed diketahui oleh umum mampu membantu menurunkan berat badan, menjaga kadar gula darah, serta menurunkan risiko penyakit tertentu. Hiji chia juga memiliki sejumlah nutrisi yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Biji-bijian ini terkenal sebagai kandungan serat yang cukup tunggi sehingga mampu membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga:Wanita Cenderung Lebih Menyukai Pria Humoris? Ini 6 FaktanyaKenali Gejala Post Concert Depression, Rasa Galau setelah Nonton Konser

Kandungan Nutrisi Chia Seed

Pada 100 gram chia seed terkandung sejumlah nutrisi yang dibutuhkan untuk tubuh seperti 534 kalori, 42,16 gram lemak, 28,88 gram karbohidrat, 27,3 gram serat, 18,29 gram protein, 6,96 gram Air, 392 mg magnesium, 255 mg kalsium. Selain kandungan nutrisi chia seed yang begitu banyak, chia seed juga termasuk dalam daftar makanan yang tinggi akan serat serta bebas dari gluten.

Selama ini chia seed dikenal sebagai campuran untuk makanan dan minuman yang bisa membantu menurunkan berat badan karena kandungan seratnya, namun juga mengandung sejumlah antioksidan yang diyakini mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan seperti osteoporosis hingga tekanan darah tinggi.

Manfaat Chia Seed

Berikut beberapa manfaat penting chia seed yang baik untuk tubuh:

1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan protein yang cukup tinggi pada chia seeds terbukti membantu mengurangi nafsu makan atau keinginan mengemil di luar jam makan. Selain itu tingginya kandungan serat pada chia seed juga mampu memberikan efek kenyang dalam jangka waktu yang lama.

Meski chia seed sudah terbukti pada metode diet yakni membantu menurunkan berat badan, mengonsumsi chia seeds juga harus diimbangi dengan pola hidup yang sehat, olahraga yang teratur, istirahat yang cukup , serta mampu mengontrol asupan kalori yang masuk ke dalam tubuh.

0 Komentar