5 Tips Puasa Bagi Pengidap Tekanan Darah Rendah, Anti Lemas Seharian Selama Ramadan!

tips puasa bagi pengidap tekanan darah rendah
5 Tips Puasa Ramadan Bagi Pengidap Tekanan Darah Rendah, Anti Lemas Seharian! (Freepik.com)
0 Komentar

Selain memperhatikan asupan nutrisi pada setiap sajian, kamu juga perlu menerapkan tips puasa bagi pengidap tekanan darah rendah berupa sahur dan berbuka tepat waktu. Ketika menjalani puasa, tentu seseorang memerlukan energi yang cukup untuk melancarkan kegiatannya seharian. Namun, hal tersebut akan cukup kesulitan bagi pemilik tekanan darah rendah.

Oleh karena itu, penting untuk selalu sahur dan berbuka di waktu yang tepat. Cara mudah ini juga dapat membuat tubuh menjadi terbiasa dalam melakukan pemrosesan makanan menjadi energi. Namun, kamu juga perlu menghindari mengkonsumsi makanan terlalu banyak. Sebab, dapat menyebabkan sistem pencernaan kesulitan dan terkejut saat mengolahnya. 

Prioritaskan Istirahat yang Cukup

Ketika menjalani puasa Ramadan sebagian dari kamu banyak yang mengalami permasalahan pola tidur yang kurang, Hal ini biasanya dilatarbelakangi kurang baiknya manajemen waktu. Kurangnya waktu istirahat juga dapat menimbulkan permasalah seperti tekanan darah menjadi rendah.

Baca Juga:5 Tips Jualan di Bulan Ramadan 2023, Dijamin Laris Manis!7 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami dan Cepat, Dijamin Ampuh! 

Oleh karenanya penting untuk kamu mulai mengatur dan memprioritaskan istirahat yang cukup. Selain itu, hindari gerakan tiba-tiba seperti berdiri usai duduk atau bangun tidur. Sebab,m gerakan cepat dapat membuatmu mengalami tekanan darah menurun yang ditandai pusing atau mudah terjatuh.

Rajin Olahraga Ringan saat Puasa Ramadan

Tips puasa bagi pengidap tekanan darah rendah yang terakhir adalah rajin olahraga ringan. Seringkali, kegiatan olahraga dianggap sebagai sesuatu yang sulit dan menimbulkan rasa haus serta lapar. Nyatanya, olahraga ringan ketika puasa justru membantu menurunkan hormon stres dalam darah.

Sehingga, aliran darah menjadi lancar dan terhindar dari tekanan yang terus menurun. Beberapa jenis olahraga yang bisa kamu lakukan seperti jalan santai maupun yoga. Selain itu, dianjurkan kamu melakukan olahraga ringan sebanyak 2 hingga 3 kali seminggu dengan durasi 15-20 menit.

Itulah lima tips puasa Ramadan bagi pengidap tekanan darah rendah yang membantumu anti lemas seharian. Tentunya, ketika badan selalu sehat dan bugar akan memudahkan seluruh aktivitas maupun ibadah selama momen spesial ini. Sehingga, penting untuk selalu menjaga kesehatan tubuh diri sendiri maupun keluarga.  Semoga informasi diatas bermanfaat dan selamat mencoba ya. Salam sehat! (*)

0 Komentar