Alasan Mengapa Kita Harus Mengaktifkan Mode Pesawat pada Handphone ketika Naik Pesawat

Mengaktifkan mode pesawat
Alasan Mengapa Kita Harus Mengaktifkan Mode Pesawat Pada Handphone Ketika Naik Pesawat -unsplash-
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Setiap ponsel atau handphone pasti dilengkapi fitur mode pesawat atau airplane mode. Pada beberapa situasi, kita kadang harus mengaktifkan mode pesawat, demi keamanan, keselamatan, menghemat baterai ponsel, atau beberapa alasan dan sebab lainnya.

Mode pesawat atau airplane mode merupakan suatu pengaturan pada smartphone yang dapat menghentikan sinyal dan WiFi yang masuk meski perangkat tersebut tetap digunakan.

Ketika bepergian menggunakan transportasi pesawat, tentu ada beberapa peraturan yang harus dilakukan guna menjamin keselamatan bersama. Salah satu dari peraturan tersebut adalah dengan tidak menyalakan smartphone atau peralatan elektronik lainnya selama penerbangan. Bahkan penumpang juga diminta untuk mengaktifkan mode pesawat pada smartphone mereka selama perjalanan.

Baca Juga:Hal yang Dapat Kamu Lakukan jika Kamu Direndahkan Orang Lain3 Keutamaan Sahur dalam Islam

Cara mengaktifkan mode pesawat ini pun cukup mudah, hanya dengan menggeser layer ke bawah atau ke atas lalu pada toolbar akan nada simbol pesawat yang dimana jika anda mengaktifkan mode tersebut, maka smartphone anda sedang berada dalam mode pesawat atau airplane mode.

Ketika menggunakan mode pesawat, maka smartphone anda akan berhenti menerima sinyal radio yang membuat anda dapat mengirim atau menerima teks, melakukan panggilan, mengakses halaman web, mengakses sosial media, dan lain-lain. Namun pesan atau informasi yang telah diunduh dan tersimpan masih dapat diakses.

Fitur-fitur yang dimatikan ketika mengaktifkan mode pesawat pada handphone adalah jaringan seluler dan data internet, WiFi, GPS, hingga Bluetooth. Sehingga fitur yang hanya dapat dibuka yakni bermain game offline atau membuka multimedia saja.

Alasan mengapa ketika berpergian dengan pesawat kita harus mengaktifkan mode pesawat pada handphone adalah ponsel atau handphone memiliki frekuensi radio yang dapat mengganggu komunikasi serta navigasi dari pesawat. Padahal komunikasi dan navigasi pada pesawat merupakan hal yang sangat penting. Ketika komunikasi dan navigasi tersebut terganggu, maka pilot akan kesulitan dalam berkomunikasi dengan menara yang ada di daratan khususnya ketika pesawat akan mendarat atau terbang.

Ketika ponsel atau smartphone tidak mengaktifkan mode pesawat pada handphone mereka, maka perangkat tersebut akan terus mencari sambungan di setiap menara komunikasi terdekat. Sehingga hal tersebut akan memengaruhi dan mengganggu sinyal komunikasi dan navigasi pada pesawat. Selain itu, pencarian sinyal pada ponsel tersebut akan menghabiskan baterai ponsel atau handphone dalam waktu yang cepat.

0 Komentar