Penting! Ini 6 Manfaat Tanaman Jagung untuk Kesehatan, Bisa Tangkis Radikal Bebas Lho

manfaat tanaman jagung untuk kesehatan
6 Manfaat Tanaman Jagung untuk Kesehatan, Bisa Tangkis Radikal Bebas Lho! (Freepik.com)
0 Komentar

Bantu Tingkatkan Daya Ingat

Kabar baiknya, tanaman jagung juga mampu membantu tingkatkan daya ingat lho. Sebab, dalam tanaman ini terdapat kandungan vitamin B1 serta Thiamine yang dapat meningkatkan daya ingat dan mencegah terjadinya penyakit alzheimer.

Penyakit ini menyebabkan pikun yang sering dialami seseorang yang lanjut usia. Hal tersebut dikarenakan sebagian sel menjadi tidak berfungsi dan kemampuan otak mengalami penurunan yang drastis.

Tangkis Radikal Bebas

Manfaat tanaman jagung untuk kesehatan selanjutnya adalah menangkal radikal bebas. Jagung dikenal sebagai salah satu tanaman yang kaya akan antioksidan serta vitamin C. Dua kandungan ini secara efektif membantu menjaga kesehatan tubuh.

Baca Juga:5 Manfaat Budaya Hidup Sehat dan Contohnya, Langsung Praktek Yuk!Penting Diketahui! Inilah 7 Jenis Makanan dan Minuman untuk Menyehatkan Pankreas

Antioksidan sendiri dikenal luas mampu menangkal berbagai efek radikal bebas yang menyebabkan kerusakan sel tubuh. Bahkan, antioksidan juga mampu mencegah penuaan dini dan timbulnya berbagai risiko penyakit.

Namun, untuk mendapatkan manfaat yang maksimal. Kamu perlu memilih jenis jagung yang segar dan dalam kondisi baik. Kemudian, cuci bersih sebelum dikonsumsi. Kamu dapat mengolah jagung dengan cara dipanggang, direbus atau dikukus.

Mengurangi Risiko Kanker Paru-paru

Tanaman jagung diketahui memiliki kandungan cryptoxanthin yang mampu mengurangi resiko terjadinya kanker paru-paru. Sebagai informasi, kanker paru-paru hingga kini masih menjadi penyebab kematian teratas pada laki-laki di Indonesia.

Mulaya penderita kanker paru-paru akan mengalami pertumbuhan sel yang abnormal. Kemudian berkembang menjadi kanker yang tidak terkendali. Biasanya penyakit ini menyerang seseorang yang berusia 40 tahun ke atas. 

Meski sebagian penderita kanker paru-paru disebabkan oleh kebiasaan merokok. Nyatanya, non perokok pun dapat memiliki risiko serupa meskipun dalam prosentase yang lebih kecil.

Baik Untuk Kesehatan Ibu Hamil

Manfaat tanaman jagung untuk kesehatan ya terakhir adalah bia untuk ibu hamil. Sebab, jagung dapat digunakan sebagai sumber vitamin B bagi tubuh. Beberapa jenis vitamin yang terkandung seperti B3, B5, B6 serta B9 yang sangat cocok dikonsumsi oleh segala usia.

Diketahui vitamin B3 memiliki fungsi khusus dalam menjaga kesehatan sistem saraf dan kulit tubuh, Sedangkan, B5 membantu tubuh memperoleh makanan. Kemudian, B6 memiliki manfaat mengatasi morning sickness bagi ibu hamil dan mencegah terjadinya anemia. 

0 Komentar