Stres saat Kerja: Bagaimana Cara Menanganinya?

stres saat kerja
Ilustrasi stres saat kerja. (unsplash.com)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Bekerja merupakan salah satu kebutuhan manusia yang terkadang walaupun kita sudah mencintai bidang pekerjaan kita akan tetap muncul kadar stres pada diri kita. Stres saat kerja merupakan hal yang normal dan pasti dirasakan oleh semua orang.

Yang menjadi masalah disini adalah ketika kamu sudah tidak bisa mengatasi stres dan malah berdampak kepada aktivitas sehari-hari dan kinerja kamu ketika bekerja.

Penyebab stres saat kerja

Ada banyak sekali alasan yang dapat menjadi penyebab stres saat kerja atau stres kerja. baik itu secara faktor eksternal maupun faktor internal yang berasal dari dalam dirimu sendiri. Entah berasal dari faktor gaji tidak sebanding dengan jerih payah yang kamu berikan kepada perusahaan, atau gaji yang tidak dapat memenuhi kebutuhan kamu.

Baca Juga:Berapa Kali Waktu yang Tepat untuk Keramas?Alasan Mengapa Kita Harus Mengaktifkan Mode Pesawat pada Handphone ketika Naik Pesawat

Mungkin juga karena lingkungan kerja yang kurang nyaman, adanya senioritas dalam lingkungan kerja, beban tanggung jawab kerja yang semakin meningkat, dan berbagai faktor yang dapat membuat kamu stress akan pekerjaan yang sedang kamu tekuni.

Sebelum stres akan pekerjaan sudah melampaui batas wajar dan malah merugikan dirimu sendiri dan orang lain yang berada di sekitarmu. Maka cobalah untuk segera mengatasi hal tersebut.

Mengatasi stres kerja

Cara mengatasi

Dilansir dari berbagai sumber, beberapa tips atau langkah-langkah yang dapat kamu lakukan supaya kamu lakukan supaya kamu dapat mengatasi stres dan mulai mencintai aktivitasmu.

  • Mulai memperbaiki pola makan dan pola tidur

Dilansir dari glints, cara yang pertama ketika kamu ingin mengatasi stres kerja adalah dengan memperhatikan pola makan serta pola tidurmu. Orang yang mengalami stres saat kerja, mereka akan cenderung memiliki pola makan yang berantakan serta mengalami gangguan tidur.

Jadi ketika kamu tidak berusaha untuk memperbaikinya, maka hal ini akan terus berlarut dan dapat mengganggu kesehatan pada fisikmu. Mulailah dengan memperbaiki asupan makanan apa saja yang masuk ke dalam tubuhmu, makanlah makanan yang dapat menaikkan mood kamu tetapi kamu juga harus memperhatikan porsinya supaya tidak berlebihan, ya.

Cara yang selanjutnya adalah dengan memperbaiki pola makan serta pola tidru kamu yang kurang baik. Cobalah untuk menentukan jam berapa kamu harus tidur dan berhenti untuk melakukan segala aktivitas yang membuat kamu stress. Cobalah untuk mulai mengerjakan sesuatu yang dapat membuat kamu rileks, entah itu dengan yoga, mendengarkan lagu relaksasi, dan lain-lain.

0 Komentar