Begini Dampak jika Kamu Tidak Mencuci Wajah sebelum Tidur

mencuci wajah
Mencuci wajah sebelum tidur ternyata sangat Penting. (Foto: kribisdpr)
0 Komentar

Meskipun tidak dapat dipukul rata yang menyebabkan kerusakan pada wajah adalah tidak mencuci wajah sebelum tidur. Penyebab lain dari kulit mudah rusak adalah pada gaya hidup, gen, serta lingkungan dapat juga mempengaruhi kesehatan pada kulit kamu.

Dampak Tidak Mencuci Wajah

Namun efek dari lupa atau dengan sengaja tidak mencuci wajah sebelum tidur tidak dapat disepelekan karena kulit akan mongering jika dibiarkan terus menerus.

  • Munculnya jerawat pada kulit wajah

Sisa kotoran pada kulit wajah yang  tidak dibersihkan maka akan berakumulasi dan menghambat kulit untuk dapat bernafas. Hal ini dapat menyebabkan minyak dan sel kulit mati yang membentuk blokade untuk menutupi pori-pori wajah dan menimbulkan munculnya jerawat pada wajah.

Baca Juga:Dampak Negatif Marah untuk Kesehatan FisikStres saat Kerja: Bagaimana Cara Menanganinya?

  • Bintil dan Infeksi

Selain dapat menimbulkan munculnya jerawat pada wajah, kotoran yang menutup pori-pori kulit wajah juga dapat menyebabkan bengkak pada area di sekitar mata. Hasilnya akan memicu munculnya bintil pada wajah. Jika terdapat luka pada area wajah, dan kotoran yang tidak dengan rutin dibersihkan maka dapat menimbulkan infeksi pada wajah.

  • Penuaan dini

Berbagai macam polusi, debu, gas, asap dari lingkungan dapat menyebabkan wadikal bebas pada kulit. Sehingga jika tidak dibersihkan sebelum tidur, hal tersebut akan menyebabkan inflamasi yang dapat memicu munculnya tanda-tanda penuaan dini. Seperti bitnik-bintik matahari, bitnik hitam, warna kulit yang tidak merata dan lain sebagainya.

  • Bibir jadi kering dan mengelupas

Efek lain yang dirimbulkan dari kebiasaan tidak mencuci wajah sebelum tidur adalah dapat membuat bibir kering dan mengelupas.

Di antara seluruh bagian pada wajah, kulit bibir adalah hal yang paling sensitif. Ketika sisa makeup pada bibir tidak dibersihkan, maka akan menyebabkan permukaan bibir menjadi lebih kering serta mengelupas. Apabila dibiarkan terlalu lama maka bibir yang kering jadi lebih mudah berdarah akibat kulit yang terkelupas. (*)

0 Komentar