Inilah 7 Kiat Ingin Melunasi Hutang Tapi Tidak Punya Uang, Coba Yuk!

Ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang
Ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang ( foto : freepik.com)
0 Komentar

Prinsip konsisten ini sangat penting dalam membayar hutang, sehingga tidak semakin menumpuk dan kamu kesulitan untuk membayarnya. Kamu juga bisa membuat pengeluaran khusus untuk membayar cicilan sehingga kamu tidak lupa.

  1. Cari pekerjaan sampingan

Kiat ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang berikutnya adalah cari pekerjaan sampingan. Saat ini, kamu mungkin tidak punya uang untuk membayar hutang namun bukan bearti tidak ada cara untuk membayar. Jika penghasilan selama ini masih kurang untuk menutup cicilan, maka kamu bisa mencari pekerjaan tambahan.

Saat ini tidak sulit bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan sampingan dari teknologi yang berkembang pesat. Coba deh olah lagi ketrampilan yang kamu miliki untuk berjualan baik barang ataupun jasa.

Baca Juga:4 Permainan yang Bisa Menstimulasi Pendengaran BayiBagaimana Cara Membangunkan Anak Sahur Agar Tidak Rewel dan Tanpa Drama

Pekerjaan sampingan tidak hanya solusi untuk membayar hutang, namun juga berkelanjutan. Artinya potensi kamu lebih banyak untuk mengumpulkan uang stelah hutang yang kamu miliki lunas.

  1. Buat rencana pembayaran hutang

Kiat ingin melunasi hutang tapi tidak punya uang yang keempat adalah buat rencana pembayaran hutang. Meski tidak memiliki uang rutin, namun kamu harus merencanakan pembayaran hutang dengan baik. Jika kamu mendapatkan hutang dari aplikasi maka nominal pembayaran akan langsung ditentukan menyesuaikan tenor.

Namun jika kamu mendapatkan pinjaman dari orang lain, maka kamu harus ada perencanaan khusus seperti menentukan berpa nominal yang bisa dibayarkan tiap bulannya. Begitu juga untuk tanggal pembayarannya.

Jadi kamu tidak akan mengakami kesulitan jika sudah jatuh pada waktu pembayaran hutangnya. Rencana ini juga harus diiringi dengan sikap disiplin agar hutang segera lunas.

  1. Kurangi pengeluaran

Kamu harus mulai rajin mencatat, apa saja yang diperlukan setiap bulannya. Dalam hasil evaluasi maka kamu harus mengurangi pengeluaran-pengeluaran yang dirasa kurang penting dalam bulan berikutnya.

Tenang aja ya, hal ini hanya berlaku sampai hutang lunas. Jika sudah lunas maka kamu akan lebih bebas untuk menggunakan uang. Selain hiburan masih ada pengeluaran lain yang bisa dipangkas.

Misalnya uang belanja, jika kamu sebelumnya belanja tanpa perencanaan sekarang ubah kebiasaan tersebut. Belanja hanya kebutuhan pokok saja sehingga bisa menerapkan hidup yang lebih minimalis.

0 Komentar