5 Cara Mudah Cegah Asam Lambung Naik, Dijamin Ampuh Lho!

cara mudah cegah asam lambung naik
5 Cara Mudah Cegah Asam Lambung Naik, Dijamin Ampuh Lho! (Freepik.com)
0 Komentar

Ketika kamu minum air putih yang cukup, ususmu dapat bekerja secara maksimal dan cepat untuk mengolah makanan yang masuk. Dikarenakan kadar pH di dalam air yang seimang mampu menunjangnya. Jadi, penting untuk kamu mengkonsumsi air putih setidak nya 2 liter atau 8 gelas perhari. Sehingga, tak hanya pencernaan menjadi lancar namun juga membuat tubuh selalu terhidrasi dengan baik.

3. Hindari Makanan yang Memicu Asam Lambung

Ilustrasi Makanan Pedas.

Cara mudah cegah asam lambung naik berikutnya berupa menghindari makanan yang mampu memicu terjadinya kondisi ini. Saat ini, makanan masih menjadi penyebab utama dari masalah asam lambung yang diidap oleh seseorang. Oleh karena itu, penting untuk kamu mengetahui jenis makanan yang perlu dihindari.

Adapun makanan yang dapat memicu asam lambung naik seperti soda, kopi, produk susu, makanan sas, makanan pedas, makanan berlemak hingga alkohol. Mulailah untuk menghindar beberapa makanan tersebut atau mengurangi frekuensinya perlahan. MIsalnya, yang semula bisa mengkonsumsi 3 kali seminggu menjadi 1 kali seminggu saja. 

Baca Juga:8 Makanan yang Cocok untuk Sahur, Wajib Dicatat Nih!8 Makanan untuk Berbuka Puasa yang Sehat dan Bergizi, Kamu Wajib Coba!

Selain itu, kamu juga dapat mengganti makanan dengan mengkonsumsi sayuran hijau, buah, oatmeal hingga umbi-umbian yang lebih aman bagi asam lambung.

4. Terapkan Pola Hidup yang Sehat

Ilustrasi Olahraga.

Cara mudah cegah asam lambung yang tak kalah penting yaitu terapkan pola hidup yang sehat. Langkah pertama yang perlu kamu lakukan yaitu menghindari kebiasaan merokok. Terutama bagi para perokok yang memiliki riwayat penyakit asam lambung. Bahaya dari nikotin ini mampu mempengaruhi sfingter esofagus menjadi rileks yang meningkatkan asam lambung dalam tubuh.

Selain itu, mulailah untuk mengubah pola makan. Misalnya, selalu makan sesuai jadwal dengan porsi yang sedang atau kecil. Kamu juga perlu menghindari kebiasaan mengunyah dengan cepat serta memakan cemilan atau makanan berat satu jam sebelum tidur. Sebab, kebiasaan ini berisiko menimbulkan penyakit asam lambung menjadi naik.

Selanjutnya, terapkan gaya hidup sehat dengan olahraga secara teratur, istirahat yang cukup, konsumsi makanan yang sehat dan bergizi hingga kelola stres dengan baik untuk menghindari asam lambung menjadi naik. Makanan yang tinggi protein juga bagus untuk menekan asam pada lambung dan menghindari terjadinya refluks ke tenggorokan.

0 Komentar