5 Kebiasaan Penyebab Asam Lambung Naik, Wajib Hentikan!

kebiasaan penyebab asam lambung naik
5 Kebiasaan Penyebab Asam Lambung Naik, Wajib Hentikan! (Freepik.com)
0 Komentar

Ilustrasi Makanan Pedas.

Kebiasaan penyebab asam lambung naik berikutnya adalah sering mengkonsumsi makanan berlemak dan pedas. Kedua jenis makanan tersebut dapat menyebabkan iritasi pada lapisan kerongkongan bagian dalam hingga memicu nyeri pada area ulu hati. 

Selain makanan pedas, bagi kamu yang sering mengkonsumsi daging sapi, es krim keripik, keju, susu hingga kentang goreng uga perlu waspada. Sebab, makanan berlemak serta berminyak tersebut mampu memicu asam lambung naik karena adanya tekanan yang berlebih pada area tersebut.

Adapula sumber karbohidrat yang perlu kamu waspadai saat menderita asam lambung. Beberapa diantaranya seperti bihun, ubi, jagung, talas, mie hingga dodol. Jika kamu terpaksa mengkonsumsinya, usahakan untuk mengatur frekuensinya maksimal satu kali sebulan.

Terbiasa Berbaring Usai Makan

Ilustrasi Berbaring

Baca Juga:5 Cara Mudah Cegah Asam Lambung Naik, Dijamin Ampuh Lho!8 Makanan yang Cocok untuk Sahur, Wajib Dicatat Nih!

Kebiasan penyebab asam lambung naik yang sering disepelekan yaitu terbiasa berbaring usai makan. Kebiasaan buruk ini dapat memicu naiknya makanan kembali ke kerongkongan, lho. Sebab, saat berbaring tubuh tidak memiliki gaya gravitasi. Gaya gravitasi ini sendiri berfugi untuk kmenjaga isi perut tetap berada di tempat seharusnya. 

Sedangkan, saat berbaring kamu kehilangan gaya gravitasi. Sehingga makanan dapat kembali dan memiliki risiko bocor melalui area sfingter esofagus. Sehingga, perlu untuk kamu memulai menghilangkan kebiasaan ini dalam rangka mencegah asam lambung naik kembali.

5. Sering Merokok dan Minum Alkohol

Ilusrasi Berhenti Merokok.

Kebiasaan penyebab asam lambung naik yang terakhir adalah sering merokok dan minum alkohol. Kebiasaan merokok ternyata mampu meningkatkan risiko asam lambung. Sebab, merokok mengurangi produksi air liur yang berfungsi menetralkan asam lambung. Tak hanya itu, merokok juga menyebabkan gangguan fungsi LES yang membuat makanan dapat kembali ke kerongkongan serta memicu terjadinya kerusakan pada kerongkongan.

Sedangkan, kebiasaan minum alkohol akan memicu asam lambung terasa hingga ke ulu hati. Sebab, alkohol dapat mengganggu fungsi LES, kesehatan kerongkongan hingga memicu asam semakin naik di area lambung.

Alhasil kamu pun merasa mual, sensasi terbakar di lambung, muntah, hingga nyeri hebat pada bagian ulu hati. ALangkah baiknya, bagi pengidap asam langsung untuk menghentikan kebiasaan buruk ini sebelum terlambat.

0 Komentar