Top BUMD Award 2023, Perumda Air Minum Tirta Kajen Sukses Raih Bintang 4

top BUMD award 2023
PDAM Kabupaten Pekalongan raih penghargaan di ajang Top BUMD Award 2023 (Hadi Waluyo)
0 Komentar

“Termasuk saya sendiri selaku pengelola dilihat selama masa kerja saya dukur juga dari sebelumnya sampai dengan masa kerja saya dinilai pantas mendapatkan apresiasi itu,” lanjut dia.

PDAM Raih Top BUMD Award 2023 Bintang 4

PDAM Kabupaten Pekalongan mendapatkan penghargaan kategori bintang 4. Untuk bintang 5, kata dia, harus ada inovasi, terutama yang berhubungan dengan teknologi. “Saat ini PDAM Kajen masih berbenah di dalam pelayanan perbaikan-perbaikan sektor produksi-distribusi dan lainnya, sehingga belum memiliki produk inovasi. Insya Allah ini menjadi motivasi bagi kita untuk bisa membuat inovasi, sehingga nanti apabila itu bisa kita realisasikan barangkali bisa mendapatkan kategori bintang 5,” ujarnya.

Direktur PDAM Kabupaten Pekalongan Nur Wachid dengan 2 piala (Hadi Waluyo)

Sementara itu, Dirjen Bina Keuangan Daerah Kementerian Dalam Negeri, Agus Fatoni, menegaskan tentang pentingnya BUMD yang melayani publik. Hal yang perlu dilakukan diantaranya mengembangkan aktivitas bisnis untuk meningkatkan pendapatan dan memperkuat sektor riil, meningkatkan dan fokus pada produk-produk unggulan BUMD yang menjadi kekuatan daerah, dan memaksimalkan peran BUMD sebagai saluaran pelayanan publik dan penggerak pereknomian di daerah serta penyumbang PAD.

Baca Juga:Musyawarah Kerja PMI Kabupaten Pekalongan Tahun 2023, Hasilkan Program Kerja BaruNama Wabup Pekalongan Dicatut untuk Penipuan Bantuan Masjid, Penipuan Marak di Ramadhan 1444 H

Ketua Penyelenggara Top BUMD Awards 2023, M Lutfi Handayani, mengatakan, tema yang diangkat tahun 2023 ini adalah ‘Inovasi dalam membangun Kinerja Bisnis dan Layanan BUMD’. Tema ini diangkat menurutnya karena inovasi sangat penting bagi BUMD.

Sebab, jika inovasi ditularkan, tentu mendorong BUMD lain untuk terus tumbuh. BUMD adalah aset milik pemerintah daerah, dan bila semua terus inovatif-maju, tentu BUMD bukanlah sekadar aset daerah, tetapi juga menjadi aset bangsa Indonesia, sebab mereka mendukung pembangunan merata untuk Indonesia yang maju. Dengan demikian, permasalahan seperti kemiskinan dan lain-lain, lebih mudah diselesaikan karena peranan BUMD.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri Top BUMD Awards 2023, Prof Djohermansyah Djohan, menjelaskan kriteria penilaian yang digunakan dalam penghargaan tersebut mengacu pada empat aspek penting untuk menentukan level bintang penghargaan dari bintang 1 sampai yang tertinggi, yakni bintang 5.

Pertama, aspek pencapaian kinerja bisnisnya, baik dan berkelanjutan (achievement). Yang kedua adalah BUMD yang terus melakukan perbaikan (improvement). Ketiga, adalah aspek kontribusi dalam pembangunan daerah, dan aspek keempat adalah inovasi BUMD untuk mendukung bisnis BUMD agar tumbuh berkelanjutan.

0 Komentar