5 Penyakit Pada Entok dan Cara Pencegahannya

penyakit pada entok
Anak entok mati terserang penyakit (Hadi Waluyo)
0 Komentar

Gejalanya, entok terlihat lemas dan goyah. Beberapa jam kemudian entok akan mati. Anda juga akan melihat cairan putih/tranparan keluar dari mata entok yang membasahi leher.

Agar penyakit ini tidak menyebar pada ternak entok Anda, lakukan langkah antisipasi dengan cara mengisolasi entok yang terserang. Cara pengobatan untuk serangan penyakit ini yaitu dengan menggunakan 2% larutan zincsulfadilamid atau 10% larutan sodiumsulfaretamide.

  1. Pilek menular

Penyakit pilek ini dapat menular dengan cepat. Biasanya, penyakit ini menyerang pada anak entok yang berumur 1 hingga 2 bulan. Akan tetapi penyakit ini juga dapat menular pada entok yang sudah dewasa.

Baca Juga:Alternatif Pakan Entok Berkualitas, Murah Dan Ekonomis3 Waktu Utama Terkabulnya Doa di Bulan Ramadhan

Ciri-ciri entok yang terserang penyakit ini adalah akan ada kotoran mengental atau yang keluar dari bagian mata entok. Hal tersebut akan terlihat selama 1 bulan dan akhirnya entok Anda akan mengalami kematian. Pada saat kondisi seperti ini biasanya akan menyulitkan Anda dalam membedakan penyakit pilek menular dengan mata memutih.

Untuk mengobati entok yang terserang pilek menular bisa dilakukan dengan cara yaitu menyuntikkan sterptomycin sulphate. Dosis penyuntikan yaitu 0,4 gram untuk 1 ekor entok dewasa, sedangkan entok kecil menggunakan dosis yang menyesuaikan dengan berpatokan pada berat badan.

Penyuntikan dapat Anda lakukan secara berulang dalam sehari dengan dosis sedikit lebih banyak, yaitu 0,5 gram. Alternatif lainnya dengan memberikan antibiotika seperti axytetracycline atau chlortetracycline ke dalam minum dan pakan. Dosis yang dianjurkan yaitu:

20 hingga 100 gram antibioka untuk 1 ton makanan.100 hingga 200 gram antibiotika untuk 400 galon air minum.

  1. Sinusitis

Penyakit sinusitis menyerang entok dewasa. Tanda-tandanya, terjadi pembengkakan pada sinus. Bagian rongga yang terserang yaitu bagian rongga yang berada di bawah dan depan mata yang terhubung dengan saluran hidung. Pada lubang hidung akan terlihat keluarnya eskudar yang encer serta jernih. Sekresi mata akan terlihat berbuih dan sinus-sinus akan membengkak.

Cara pengobatan untuk penyakit sinusitis yaitu dengan menyuntikkan 1 hingga 2 cc larutan 4% silver nitrat kedalam akuades dan di suntikkan kedalam sinus-sinus bagian kepala.

  1. Kolera

Penyakit kolera dalam budidaya entok bersumber dari mikroorganisme yang tingkat kemampuannya bisa bertingkat-tingkat. Faktor utama yang menimbulkan penyakit ini yaitu suhu yang dingin, kandang yang lembab, dan kebersihan kandang yang tidak terjaga.

0 Komentar