Dinperpa Kota Pekalongan Awasi Keamanan dan Harga Bahan Pangan Asal Hewan Jelang Lebaran 1444 H

Dinperpa Kota Pekalonga
Petugas Dinperpa melaksanakan pengawasan keamanan dan kelayakan serta harga bahan pangan di pasar retail modern. (Radarpekalongan.id/kominfo)
0 Komentar

PEKALONGAN, RADARPEKALONGAN.ID – Pemkot Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan atau Dinperpa Kota Pekalongan melaksanakan pengawasan keamanan dan kelayakan serta harga bahan pangan asal hewan di sejumlah pasar traditional dan retail modern yang ada di Kota Pekalongan selama 3 hari, Selasa-Kamis, 4-6 April 2023.

Tujuan kegiatan tersebut untuk memberikan jaminan keamanan dan kualitas untuk produk pangan asal hewan yang akan dikonsumsi oleh masyarakat selama Ramadhan hingga menjelang lebaran Idul Fitri 1444 Hijriyah/2023.

Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Drs Muadi melalui Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Ilena Palupi menjelaskan, Dinperpa Kota Pekalongan melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan memiliki tugas untuk memantau peredaran penjualan bahan pangan asal hewan yaitu daging, susu, dan telur. Sehingga, menjelang lebaran, dirinya bersama tim melaksanakan kegiatan monitoring selama 3 hari untuk mengawasi peredaran bahan pangan asal hewan di sejumlah pasar tradisional, maupun retail modern.

Baca Juga:DWP Kota Pekalongan Bagikan 160 Bingkisan Takjil di TPA dan Rumah Pompa, Berharap Bawa ManfaatLP-PAR Kota Pekalongan Berikan Layanan Konsultasi Psikologi Gratis, Tercatat 10 Client Berhasil Dilayani

Petugas Dinperpa melaksanakan pengawasan keamanan dan kelayakan serta harga bahan pangan di pasar retail modern.(Radarpekalongan.id/kominfo)

“Sudah dari Hari Selasa kemarin, kami lakukan di pasar tradisional yakni Pasar Eks Banjarsari di Sorogenen, Pasar Grogolan dan Pasar Banyurip. Alhamdulillah, disana kami tidak menemukan bahan pangan asal hewan yang berbahaya untuk dikonsumsi oleh masyarakat,” ucapnya saat dikonfirmasi di sela-sela kegiatan monitoring di Hypermart Pekalongan, Kamis (6/4/2023).

Menurutnya, karena Dinperpa Kota Pekalongan sudah rutin mengedukasi penjual-penjual, sehingga kesadaran dan kepatuhan mereka sudah lebih baik dalam menjual bahan pangan asal hewan. Lanjutnya, di hari ke-3 monitoring, tanggal 6 April 2023 menyasar Hypermart, Yogya Toserba, dan Superindo untuk mengawasi pelaksanaan Nomor Kontrol Veteriner (NKV) higiene sanitasi produk asal hewan terutama daging.

Dinperpa Kota Pekalongan Cek Cold Storage

“Hari ini kami melakukan monitoring di display daging, telur maupun produk olahannya yaitu nugget, bakso serta olahan susu. Di produk kemasan susu, ada produk yang kemasannya sudah menggelembung dan sudah kami minta untuk disingkirkan. Kemudian, kami juga mengecek ke dalam cold storage untuk mengetahui apakah ada daging yang sudah kadaluarsa atau masa simpan daging yang tidak seharusnya, namun tidak kami temukan dan relatif aman,” paparnya.

0 Komentar