5 Manfaat Mendengarkan Musik

Manfaat mendengarkan musik
Ilustrasi seorang wanita sedang mendengarkan musik (Freepik)
0 Komentar

RADARPEKALONGAN.ID – Manfaat mendengarkan musik. Siapa di sini yang suka mendengarkan musik? Mungkin hampir semua orang pasti suka mendengarkan musik namun dengan genre yang berbeda-beda. Ada yang suka mendengarkan musik jazz, pop, rock, metal, indie, punk dan masih banyak lagi.

Mendengarkan musik biasanya menjadi salah satu cara untuk menghibur diri atau hanya sekedar mengisi waktu luang saja agar tidak merasa kesepian selain enak didengar ternyata musik juga memiliki manfaat lho, yuk simak 5 manfaat mendengarkan musik yang harus kamu ketahui.

1. Dapat memperbaiki suasana hati

Manfaat mendengarkan musik yang pertama adalah dapat memperbaiki suasana hati apalagi jika hatimu sedang galau mungkin karena ditinggal pasangan atau lain sebagainya.

Baca Juga:5 Tanda Kamu Terjebak Hubungan Tanpa Status5 Manfaat Konsumsi Makanan Fermentasi untuk Kesehatan

Musik memiliki peran yang cukup besar untuk memperbaiki suasana hati yang sedang tidak baik-baik saja.

Ini dikarenakan ketika kamu sedang mendengarkan musik khususnya musik-musik yang bernada riang hati kamu juga akan ikut terbawa suasana dan menjadi lebih baik lagi dari sebelumnya. Meskipun tidak sepenuhnya mampu menghapuskan rasa sedihmu setidaknya dengan mendengarkan musik riang mampu memperbaiki suasana hatimu.

2. Memperbaiki ingatan

Mungkin tak sedikit dari kamu yang pernah merasakan ketika sedang mendengarkan musik tertentu kamu menjadi ingat mengenai hal-hal yang pernah kamu lewati mungkin bersama teman ataupun pasangan. Ini disebabkan karena musik memiliki kemampuan untuk menyeimbangkan fungsi kognitif di dalam otak.

Fungsi kognitif sendiri ternyata mampu menangkap pengetahuan berdasarkan pengalaman, alam bawah sadar dan juga perasaan. Oleh sebab itu musik mampu mencegah penurunan fungsi kognitif didalam diri manusia.

3. Mengurangi kelelahan

Ketika kamu mungkin sedang merasa lelah fisik dan juga pikiran mungkin dengan mendengarkan musik mampu mengobati sedikit lelahmu.  Menurut penelitian yang dilakukan di Universitas Shanghai mengatakan bahwa mendengarkan musik khususnya musik relaks mampu menurunkan rasa lelah dan menjaga ketahanan otot.

Selain itu dengan mendengarkan musik juga mampu menyegarkan pikiran dan membuatmu menjadi bersemangat kembali untuk melakukan aktivitas. Jadi tak heran jika banyak dari kita yang suka mendengarkan musik sambil melakukan aktivitas.

0 Komentar